Home |

Rekomendasi 10 Street Food Legend di Jakarta yang Harus Kamu Coba

Ayana Media

|

Sep 26, 2023

Rekomendasi 10 Street Food Legend di Jakarta yang Harus Kamu Coba

Tempat makan wajib coba buat kamu yang cari kuliner legend di jakarta rekomendasi food vlogers

Selamat datang di Jakarta, ibu kota Indonesia yang tak hanya terkenal dengan gedung pencakar langitnya, tetapi juga dengan pesona kuliner jalanan yang tak tertandingi. Kota ini memiliki warisan kuliner yang kaya dan beragam, yang telah memikat hati dan lidah para pecinta makanan dari seluruh penjuru dunia.

Dalam artikel ini, kami akan membawa Anda mengelilingi Jakarta untuk menjelajahi 10 street food legend yang wajib Anda coba. Siapkan diri Anda untuk sebuah petualangan rasa yang tak terlupakan. Setiap sudut kota ini menyimpan kejutan kuliner yang mengejutkan, dan kami akan memandu Anda untuk mengeksplorasi setiap rahasia gurih yang tersembunyi di balik gang-gang sibuk Jakarta.

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa harus repot-repot mencari makanan di jalanan sibuk ketimbang makan di restoran mewah? Alasan utamanya adalah pengalaman yang unik. Makan di tengah keramaian Jakarta, dengan aromanya yang menggoda dan suasana yang hidup, adalah pengalaman yang akan menghubungkan Anda langsung dengan budaya dan warisan kota ini. Cobalah untuk merasakan getaran kota ini ketika Anda menikmati sepiring nasi goreng yang dipadukan dengan sate yang lezat, semuanya di bawah langit biru Jakarta yang berkilau.

Selain itu, makanan jalanan Jakarta tidak hanya lezat, tetapi juga terjangkau. Jadi, jika Anda ingin menjelajahi kelezatan kuliner jalanan yang autentik, ikuti kami dalam petualangan kuliner ini! Bersiaplah untuk mencicipi hidangan-hidangan luar biasa yang akan memanjakan lidah Anda dan mengisi perut Anda dengan kenangan indah. Di samping itu, Anda juga akan berkesempatan untuk berinteraksi dengan penduduk setempat yang ramah dan merasakan kehangatan Jakarta dalam setiap gigitan makanan.

Daftar Rekomendasi Streed Food Legend di Jakarta yang Harus Kamu Coba #

1. Roti Bakar Eddy Blok M #

Roti Bakar Eddy Blok M
Roti Bakar Eddy Blok M

Kita mulai petualangan kuliner kita dengan mampir ke Roti Bakar Eddy di Blok M. Tempat ini punya reputasi gede karena roti bakarnya yang nggak cuma enak, tapi juga super unik. Di Roti Bakar Eddy, mereka bikin roti tawar yang renyah banget, terus dikasih berbagai topping, kayak keju, selai, dan cokelat. Jadi, buat lo yang lagi cari camilan pas buat siang atau malem yang hangat, tempat ini bisa jadi pilihan lo nih.

Nah, apa yang bikin Roti Bakar Eddy dianggap sebagai street food legend? Salah satu alasan besar adalah rasanya yang autentik banget. Roti bakarnya selalu fresh dan dibuat dengan penuh perhatian. Terus, pilihan toppingnya banyak banget. Ada keju, pisang, cokelat, dan macem-macem selai yang bisa lo pilih. Dan yang pasti, harganya nggak bikin kantong bolong, jadi banyak banget anak muda dan turis yang suka mampir kesini buat nyobain kuliner jalanan Jakarta yang top. Jangan lupa buat nyicipin varian dengan keju dan kacang, itu menu andalannya yang wajib lo cobain!

Baca juga : 4 Rekomendasi Toko Roti Legendaris di Jakarta, Kuliner Jadul Wajib Coba!

2. Bubur Ayam Barito #

Bubur Ayam Barito
Bubur Ayam Barito

Nah, setelah mampir ke Roti Bakar Eddy, kita lanjut ke tempat yang nggak kalah menarik, yaitu Bubur Ayam Barito. Bubur ayam adalah salah satu makanan tradisional Jakarta yang emang wajib dicobain. Jadi begini, buburnya itu nasi yang dimasak sampai lembut banget dengan kaldu ayam yang super kaya rasa, terus di atasnya ditambahin berbagai topping yang bikin lo nggak bisa nahan godaan buat nyicipin.

Nah, Bubur Ayam Barito ini udah punya reputasi legendaris gara-gara dua hal utama: rasa buburnya yang selalu enak banget dan pelayanannya yang super ramah. Bubur ayam yang mereka sajikan selalu hangat dan gurih, jadi cocok buat sarapan pagi atau makan malam yang bikin perut senang. Terus, stafnya juga ramah banget, senyum-senyum manis buat sambut pelanggan, bikin pengalaman makan di sini nggak terlupakan. Kalau lo mampir, wajib coba Bubur Ayam Cak Har, yang terkenal banget dengan rempah-rempah khasnya yang bikin nagih!

3. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih #

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Sekarang kita mau bahas hidangan yang emang super terkenal di Jakarta, yaitu Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. Nasi goreng ini punya cita rasa yang bener-bener khas dan bikin kamu langsung jatuh hati. Mereka masak nasi sampai garing, terus dicampur dengan daging kambing yang udah dimasak dengan bumbu rempah yang bener-bener meresap. Nah, jadi, nasi goreng ini tuh bener-bener bisa bikin perut dan lidah kamu seneng banget.

Nah, cerita tentang Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ini udah berlangsung puluhan tahun, dan sekarang jadi salah satu makanan klasik Jakarta yang wajib dicicipi. Awalnya, hidangan ini mulai dikenal di sekitar kawasan Kebon Sirih, dan dari situ, popularitasnya melejit terus. Rasanya yang unik dan aromanya yang menggoda banget, bikin nasi goreng ini jadi favorit nggak cuma buat warga Jakarta, tapi juga buat para turis yang penasaran sama kuliner jalanan di kota ini. Pokoknya, jangan sampai kelewatan buat cobain nasi goreng kambing dengan tambahan telur mata sapi yang bikin ngiler.

4. Gultik Blok M #

Gultik Blok M
Gultik Blok M

Kalau lagi di Blok M, jangan lupa mampir ke Gultik (Gulai Tikungan), yang udah jadi legenda kuliner di daerah sini. Gultik itu terkenal banget dengan gulainya yang gurih dan enak. Nah, gulai di sini ada macem-macem, mulai dari gulai kambing, gulai ayam, sampe gulai telur. Semua hidangannya disajikan dengan kuah gulai yang kental dan bumbu yang meresap banget.

Nah, apa yang bikin Gultik jadi ikon kuliner jalanan di Blok M? Gampang, jawabannya adalah rasanya yang bener-bener autentik dan kuah gulainya yang nggak akan kamu lupa. Mereka tuh bener-bener jago masak gulai, pake bumbu rempah yang fresh banget, jadi tiap suapannya tuh langsung bikin kamu ketagihan. Terus, harganya juga nggak bikin kantong jebol, jadi Gultik jadi tempat favorit buat isi perut pas lagi jalan-jalan di daerah ini. Dan kalau kamu bingung mau pesen apa, coba deh Gulai Kambing yang disajikan dengan lontong. Rasanya yang super kaya dan kuah gulainya yang melimpah bakal bikin kamu pingin balik lagi buat nyicipin lebih banyak lagi. Gak salah deh mampir ke Gultik kalau lagi di Blok M!

5. Tongseng Anti Kolesterol Pak Kadir #

Tongseng Anti Kolesterol Pak Kadir
Tongseng Anti Kolesterol Pak KadirV

Jangan sampai lewatkan tongseng, salah satu makanan khas Indonesia yang wajib lo cobain, dan tempat terbaik buat nikmatin tongseng di Jakarta adalah Pak Kadir. Mereka terkenal banget dengan Tongseng Anti Kolesterol Pak Kadir yang punya tongseng kambing super lezat. Gimana nggak, potongan daging kambing dimasak dalam kuah tongseng yang kaya banget dengan bumbu rempah, terus dihiasi dengan kemangi yang bikin segar.

Nah, yang buat tongseng di Pak Kadir ini spesial banget adalah penggunaan daging kambing muda yang empuk banget dan kuah tongseng yang bener-bener lezat berkat rempah-rempah pilihan. Yang lebih unik lagi, tongseng di sini dikenal sebagai "anti kolesterol" karena mereka pake daging kambing muda yang rendah lemak. Jadi, buat kamu yang peduli sama kesehatan tapi tetep pengen makan enak, ini pilihan yang pas banget. Jangan lupa buat cobain tongsengnya dengan nasi atau lontong, biar pengalaman makanmu makin nikmat. Gak ada alasan buat gak mampir ke Pak Kadir kalau lagi di Jakarta!

6. Seafood 68 Santa #

Seafood 68 Santa
Seafood 68 Santa

Selanjutnya kita mau ajak kamu ke Seafood 68 Santa, tempat makan seafood yang jadi favorit para penggemar hidangan laut di Jakarta. Ini restoran emang legendaris banget karena mereka selalu sajikan seafood segar dengan cita rasa autentik ala Indonesia.

Nah, apa sih yang bikin Seafood 68 Santa ini istimewa? Salah satu halnya adalah pilihan seafood yang super berlimpah. Di sini, kamu bisa pilih dari berbagai macam ikan, udang, kepiting, dan kerang yang diolah dengan berbagai saus, mulai dari yang pedas sampe saus khas Jakarta. Selain itu, suasana di restoran ini tuh bener-bener santai banget, jadi makan sambil dikelilingin suasana pantai gitu. Kalo mau tau menu andalannya, kita rekomen banget kamu coba kepiting saus padang dan udang saus mentega yang bikin ngiler. Jadi, kapan lagi mau nikmatin seafood segar dengan suasana yang relax macam di Seafood 68 Santa? Gak ada alasan buat gak mampir!

Baca juga : Rekomendasi 10 Restoran Seafood Jakarta Selatan yang Patut Anda Coba

7. Nasi Uduk Kebon Kacang #

Nasi Uduk Kebon Kacang
Nasi Uduk Kebon Kacang

Kalo lagi nyari nasi yang bener-bener lezat di Jakarta, Nasi Uduk Kebon Kacang tuh pilihan yang pas banget. Nasi uduk ini tuh makanan klasik Jakarta yang isinya nasi yang dimasak pake santan dan bumbu rempah, terus dihidangkan dengan berbagai lauk-pauk yang bikin perut kamu seneng.

Jadi begini, Nasi Uduk Kebon Kacang udah jadi legenda kuliner di Jakarta selama bertahun-tahun. Di warung makan ini, mereka tuh terkenal banget sama kualitas nasi uduknya yang selalu enak banget. Nasi yang empuk banget dengan aroma harum santan dan bumbu rempah yang meresap banget, pokoknya bikin kamu selalu pengen balik lagi dan lagi buat makan di sini. Nah, kalau kamu mampir, kamu wajib coba nasi uduk dengan ayam goreng kremes yang renyah banget atau sambal terasi yang pedas. Beneran, ini makanan yang nggak boleh dilewatkan!

8. Sate Padang Ajo Ramon #

Sate Padang Ajo Ramon
Sate Padang Ajo Ramon

Nih, kalo lo lagi pengen makan sate Padang asli di Jakarta, jangan lupa mampir ke Sate Padang Ajo Ramon ya. Sate Padang ini tuh hidangan yang isinya potongan daging sapi yang dipanggang dengan bumbu kacang khas Padang, terus disajikan dengan kuah rendang yang super kaya rasa.

Sate Padang Ajo Ramon ini udah jadi legenda di dunia kuliner berkat cita rasanya yang bener-bener otentik dan bumbu kacang yang khas banget. Daging sapi yang mereka pake selalu empuk banget dan bener-bener maknyus, sementara kuah rendangnya yang gurih dan pedas bisa bikin lidah lo langsung terpesona. Nah, kalau lo mampir ke sini, pastikan buat cobain sate Padang biasa atau sate Padang yang ditambahin ati ampela, buat yang doyan cita rasa yang lebih berani. Jadi, jangan lewatkan kesempatan buat nikmatin sate Padang yang autentik di Sate Padang Ajo Ramon ini!

9. Mi Ayam Gondangdia #

Mi Ayam Gondangdia
Mi Ayam Gondangdia

Nah, yang terakhir tapi nggak kalah penting adalah Mi Ayam Gondangdia, salah satu tempat makan yang terkenal banget di kawasan Gondangdia. Mi ayam ini tuh hidangan mi yang biasanya disajikan dengan potongan daging ayam yang gurih, di atasnya diberi kuah kaldu yang super kaya rasa, dan ditaburi bawang goreng serta seledri segar.

Jadi begini, Mi Ayam Gondangdia wajib banget masuk daftar rekomendasi kita karena mi ayam di sini itu unik banget rasanya, dan kuah kaldu yang nikmat banget. Mi yang mereka pake selalu segar, dan daging ayamnya digoreng sampe renyah banget. Nah, kuah kaldu yang kaya rasa dan taburan bawang goreng serta seledri tuh bener-bener bikin hidangan ini makin sempurna. Nah, kalau kamu mampir, jangan lupa buat cobain varian mi ayam yang ditambahin pangsit goreng, tambahan yang bikin mi ayamnya makin lezat. Jadi, pastikan Mi Ayam Gondangdia masuk ke daftar tempat makan yang wajib kamu kunjungi di Jakarta!

Baca juga : Rekomendasi 8 Mie Ayam Enak dan Terkenal di Jakarta Selatan

10. Kulineran di Terowongan Blora Stasiun Sudirman #

Kulineran di Terowongan Blora Stasiun Sudirman
Kulineran di Terowongan Blora Stasiun Sudirman

Oops hampir lupa masih ada satu pengalaman kuliner yang nggak boleh kamu lewatin kalo lagi di Jakarta, yaitu kulineran di Terowongan Blora Stasiun Sudirman. Terowongan ini tuh tempat yang bener-bener unik dan asik buat nyobain makanan dan jajanan dari para penjual kaki lima yang ngumpul di sana. Di sini kamu bisa eksplorasi berbagai macem makanan, mulai dari bakso, sate, gorengan, sampe jajanan tradisional khas Jakarta.

Terowongan Blora Stasiun Sudirman ini unik banget karena di sini kamu bisa dapetin keramaian dan ragam kuliner jalanan Jakarta dalam satu tempat. Suasana yang ramai dan banyaknya pilihan makanan bikin tempat ini jadi favorit buat kumpul-kumpul sama temen-temen atau sekadar nikmatin makanan di tengah keramaian kota Jakarta yang selalu sibuk. Jadi, pastiin buat nambahin pengalaman kulinermu dengan mampir ke Terowongan Blora Stasiun Sudirman ini!

Selama petualangan kuliner ini, kita udah bawa kamu ke 10 street food legend di Jakarta yang wajib kamu coba. Dari Roti Bakar Eddy Blok M sampe kulineran di Terowongan Blora Stasiun Sudirman, tiap tempat punya keunikan dan cita rasa yang bener-bener nggak bisa kamu bandingin. Nah, ajakan kita buat kamu adalah buat menjelajahi segala kelezatan kuliner jalanan di kota ini yang bener-bener beragam dan autentik. Jakarta tuh punya makanan-makanan keren yang bisa bikin perut kamu seneng dan lidah kamu bergoyang. Jadi, selamat menikmati petualangan kuliner kamu di Jakarta! Semoga kamu dapetin pengalaman kuliner yang nggak terlupakan!

...

Ayana Media

|

Nov 02, 2023

Stres Bekerja? Ini dia 5 Rekomendasi Tempat Relaksasi Untuk Menyegarkan Jiwa Raga!

Yuk, kita relaksasi tubuh ke tempat-tempat yang me...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

May 06, 2023

Wisata Religi ke 6 Masjid Indah di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Selain untuk ibadah, masjid juga bisa jadi tempat ...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Jul 20, 2023

Healing ke Rekomendasi 5 Wisata Danau di Jakarta, Adem Banget!

Healing murah meriah ke tempat wisata danau di Jak...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

May 01, 2023

Rekomendasi 10 Taman Kota Terbaik Buat Healing di Jakarta

Healing di tengah-tengah taman Kota Jakarta...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Nov 25, 2023

Liburan Gratis di Ibu Kota: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Jakarta Terbaik 2023

Gak perlu ngeluarin duit kalau pergi ke 5 tempat w...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Jun 24, 2023

Warga Jakarta Barat, Sini Liburan ke 5 Rekomendasi Tempat Seru dan Menarik!

Liburan seru dengan mengunjungi beberapa rekomenda...

Baca Selengkapnya