Home |

6 Rekomendasi Wisata Sejarah di Jakarta

Ayana Media

|

Jun 02, 2023

6 Rekomendasi Wisata Sejarah di Jakarta

Rekomendasi Wisata Sejarah di Jakarta

Gimana, sob, liburan ini ada rencana kemana, nih? Lumayan ya liburan kali ini cukup panjang. Tapi, kalau kamu di rumah aja kayaknya bosen banget, sob. Mendingan jalan-jalan gitu deh kemana. Nah, berhubung saat ini masih suasana Hari Lahir Pancasila, Ayu mau merekomendasikan destinasi wisata sejarah yang ada di Jakarta.

Tentunya banyak banget ya, sob, destinasi wisata sejarah di Indonesia. Ayu akan memberikan informasi beberapa aja, nih. Pada tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia dinyatakan merdeka. Kemudian, rakyat merayakannya dan mengibarkan bendera merah putih sebagai penghormatan perjuangan para pahlawan bangsa. Bahkan, hal tersebut masih dilakukan hingga kini.

Sebelum dinyatakan merdeka ya pasti tanggal 1 Juni 1945 itu dilahirkannya Pancasila oleh para pahlawan-pahlawan perjuangan kita ya, sob. Sekarang, banyak banget museum-museum yang mengabadikan semua perjuangan pahlawan pendahulu kita, sob. Namanya dikenang dan barang-barangnya disimpan di museum-museum bersejarah yang ada di beberapa titik wilayah Indonesia.

Salah satunya adalah museum-museum pahlawan yang ada di Jakarta, sob. Nah, ini menjadi wisata sejarah bagi pengunjungnya. Apalagi kalau kamu di sekolah ada mata pelajaran sejarah, pasti kadang ada studi tour ya, sob. Mungkin museum-museum berikut bisa menjadi rekomendasi kamu suatu saat nanti.

Berikut Ayu akan memberikan informasi seputar 6 Rekomendasi Wisata Sejarah di Jakarta. Simak baik-baik, ya, sob. Jangan lupa disimpan dan dibaca secara saksama artikel ini, semoga suatu saat nanti akan bermanfaat untuk kamu, hehe.

1. Monas #

Monas


Pertama ada Monas. Wah, siapa sih yang gak tahu Monas? Monas merupakan sebuah Monumen Nasional dan terdapat tugu di atasnya. Monas menjadi ikon Indonesia yang berada di lokasi Jalan Medan Merdeka Barat DKI Jakarta. Bukan hanya jadi situs bersejarah untuk mengenang perjuangan Indonesia saja, sob. Tapi, Monas juga bisa jadi tempat wisata sejarah.

Dulu pun Ayu sering pergi ke Monas, karena penasaran akan keunikan bangunannya dan museum bawah tanahnya, sob. Meskipun bikin nyasar, karena saking luasnya. Ayu begitu mencintai sejarah pada saat itu dan ingin banyak tahu terkait peninggalan bersejarah. Makanya kadang berkali-kali datang ke sana untuk memastikan sesuatu, haha.

Kamu juga bisa, sob, datang ke sana untuk mendapatkan wawasan bersejarah yang akan bermanfaat dalam pelajaran sekolah maupun di kehidupan sehari-hari. Monas ini dibangun pada tanggal 17 Agustus 1961 di bawa perintah Presiden Soekarno. Monas baru dibuka untuk umum pada tanggal 12 Juli 1975.

Tujuan Monas dibangun adalah untuk mengenang perlawanan dan perjuangan rakyat Indonesia dan merebut kemerdekaan dari pemerintahan kolonial Hindia belanda. Di atasnya ada tugu api berbentu api membara yang melambangkan semangat perjuangan menyala-nyala. Wah, mengagumkan sekali, ya?

Baca juga artikel lain dari kami : Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Imperdible di Kepulauan Seribu

2. Tugu Proklamasi #

Tugu Proklamasi


Kalau tadi ada Monas, sekarang ada Tugu Proklamasi yang telah menjadi saksi bahwa Indonesia merdeka dan bebas dari masa penjajahan pada waktu itu, sob. Monumen ini juga biasanya disebut dengan Tugu Petir. Lokasi Tugu Proklamasi sendiri ada di atas tanah lapang Kompleks Taman Proklamasi di Jl. Proklamasi. Kalau dulu sih nama jalan ini adalah Jalan Pegangsaan Timur No. 56, Jakarta Pusat.

Kalau sekarang sih dibuat sebagai peringatan proklamasi kemerdekaan RI. Di Jakarta itu ada dua monumen, sob, yakni patung Soekarno dan Hatta yang ukurannya besar banget terus berdampingan, mirip dengan foto dokumentasi ketika naskah proklamasi pertama kali dibacakan, sob. Terus di tengahnya ada dua patung proklamator ada patung naskah proklamasi yang dibuat dari lempengan batu marmer hitam dengan susunan dan bentuk tulisan mirip dengan naskah ketikan aslinya.

Tugu tersebut berbentuk bulatan tinggi berkepala lambang petir, seperti lambang PLN, sob. Kemduian ada tulisan yang dicantumkan di tugu itu, yakni “Di sinilah Dibatjakan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada Tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB pagi oleh Bung Karno dan Bung Hatta”

3. Kota Tua Jakarta #

Kota Tua Jakarta



Siapa di sini suka main ke Kota Tua Jakarta? Meskipun di sini banyak jamet ya, sob, tapi kita petik sisi positifnya aja dari tempat bersejarah Kota Tua ini, sob. Kota Tua Jakarta memang menarik banget untuk dikunjungi, bahkan banyak wisatawan mancanegara juga, lho. Kamu akan dengan mudah menemukan bule di sana, bahkan foto sama bule, haha.

Lokasi Kota Tua ini ada di kawasan Jakarta Barat, sob. Bangunannya memang sudah tua seperti namanya dan tentunya ikonik banget. Kamu bisa menemukan berbagai kuliner lezat di sini, sob, seperti kerak telor, kue pancong, ketoprak, kue rangi, dan masih banyak lagi. Tapi, hati-hati sama barang bawaan kamu ya, soalnya ramai dan rawan barang hilang, sob.

Baca juga artikel lain dari kami : Rekomendasi 10 Tempat Wisata Terbaru Jakarta Mei 2023

4. Museum Fatahillah #

Museum Fatahillah


Kalau Museum yang satu ini lokasinya ada di kawasan Kota Tua Jakarta, sob. Yup, tepatnya di jalan Taman Fatahillah No. 1 Jakarta Barat. Museum ini cukup luas yah sekitar 1.300 meter persegi. Dulunya sih museum ini adalah Balai Kota Batavia yang dibangun pada tahun 1707-1712 di atas perintah Gubernur Jenderal Joan Van Hoorn. Wah, sangat menarik ya, sob? Kamu udah pernah ke sini belom, sob? Gimana perasaan kamu setelah datang ke sini?

5. Museum Perumusan Naskah Proklamasi #

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Berikutnya adalah Museum Perumusan Naskah Proklamasi atau biasanya disebut dengan singkatan Munasprok. Jadi, museum ini adalah tempat dimana naskah proklamasi dirumuskan. Tempat ini merupakan kediamannya seorang perwira Angkatan Laut bernama Laksamana Tadashi Maeda. Beliau mendedikasikan kediamannya untuk merumuskan naskah proklamasi. Baik banget, ya?

Lokasi rumah ini ada di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat. Siapa yang sudah pernah ke sini? Yup, museum ini ada 4 ruangan dimana masing-masing lokasi tersebut terdapat koleksi benda bersejarah terkait perumusan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Termasuk ada bunker, lho, sob. Wah, menarik ya?

Baca juga artikel lain dari kami : Rekomendasi 10 Tempat Wisata Menarik di Tanah Abang

6. Museum Nasional Indonesia #

Museum Nasional Indonesia


Nah, kalau museum ini kamu dapat melihat peninggalan-peninggalan bersejarah mulai dari zaman prasejarah hingga sejarah kerajaan-kerajaan yang pernah berdiri di Indonesia, sob. Wah, keren banget, ya! Lengkap banget museum-museum di Jakarta dan tentunya sangat informatif, sob.

Gak cuma itu aja, sekarang Museum Nasional Indonesia juga punya daya tarik tersendiri, seperti para pengunjungnya serasa masuk ke dalam dunia imajinasi, yaitu Ruang InersiA, dimana ruangan tersebut berukur 12 m x 21 m yang menyajikan instalasi video mapping.

Memang sih Museum Nasional Indonesia atau Museum Gajah ini merupakan sebuah museum arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi. Bahkan, museum ini suka mengadakan acara-acara seni atau event-event para seniman gitu, sob. Justru suka gratis acaranya dan makanya banyak yang datang. Lokasinya ada di Jalan Merdeka Barat, Jakarta pusat.

Gimana, sob? Dengan mengetahui 6 rekomendasi wisata sejarah di Jakarta tersebut, kamu jadi tertarik buat berkunjung gak, sob? Tentunya menarik banget ya, apalagi kalau kamu suka banget ama sejarah. Mumpung masih liburan, yuk, sob jalan-jalan ke tempat bersejarah. Selamat liburan!

...

Ayana Media

|

Nov 25, 2023

Liburan Gratis di Ibu Kota: 5 Rekomendasi Tempat Wisata Gratis di Jakarta Terbaik 2023

Gak perlu ngeluarin duit kalau pergi ke 5 tempat w...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Apr 08, 2024

Rekomendasi 10 Spot Menikmati Tradisi Malam Takbir di Jakarta

Rayakan malam takbiran di jakarta dengan 10 rekome...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Jul 06, 2023

Nikmati Pengalaman Liburan ke Korea : 5 Rekomendasi Travel Tour ke Korea di Jakarta 2023

Rekomendasi tour travel untuk liburan ke korea...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Sep 08, 2023

5 Rekomendasi Tempat Wisata Dekat Stasiun LRT di Jakarta, Temukan Spot Santai Pulang Kerja

Wisata di dekat Stasiun LRT sambil nyantai di spot...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Aug 29, 2023

Explorasi Labuan Bajo Lebih Mudah dengan Rekomendasi Jasa Open Trip dari Jakarta

Rekomendasi penyedia jasa open trip liburan ke Lab...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

May 02, 2023

10 Hotel terbaik di Jakarta Selatan yang Cocok untuk Staycation

Rekomendasi hotel di Jakarta Selatan buat kamu yan...

Baca Selengkapnya