Home |

Menjelang Weekend, Yuk Liburan ke 9 Kebun Binatang di Jakarta!

Ayana Media

|

Jul 13, 2023

Menjelang Weekend, Yuk Liburan ke 9 Kebun Binatang di Jakarta!

Tidak hanya Ragunan, Jakarta punya banyak wisata kebun binatang yang harus kamu kunjungi saat akhir pekan, sob.

Wah, biasanya kalau di Jakarta kita hanya tahu Ragunan aja, ya? Ternyata banyak juga di Jakarta tempat wisata kebun binatang. Jika kamu memiliki anak, adik, atau diri kamu sendiri ingin wisata edukasi mengenai binatang-binatang yang ada di Indonesia bisa mengunjungi tempat wisata berikut, sob.

Terdapat 9 kebun binatang di Jakarta yang dapat kamu munjungi menjelang weekend. Lumayan kan, sob? Kamu bisa jalan-jalan menyegarkan pikiran kembali sekaligus belajar tipis-tipis, deh. Yuk, kita simak penjelasan Ayu mengenai 9 kebun binatang di Jakarta!

1. Taman Margasatwa Ragunan #

Taman Margasatwa Ragunan

Yup, seperti yang Ayu bilang, kalau taman wisata margasatwa yang ini memang terkenal banget. Kalau keinget kebun binatang pasti terlintas kata Ragunan kan, sob? Taman Margasatwa Ragunan memang terdapat berbagai wisata flora dan fauna di dalamnya, selain itu suasananya juga adem dan nyaman untuk dikunjungi.

Dengan harga terjangkau kamu sudah bisa liburan dengan suasana yang mirip hutan tropis mini yang sejuk dan cocok banget buat piknik. Taman Margasatwa Ragunan ini luasnya sekitar 140 hektar. Mereka memiliki berbagai jenis satwa mulai dari mamalia, reptil, burung, dan ikan. Semuanya berasal dari seluruh Indonesia, bahkan ada dari luar negeri juga, sob.

Tiket masuk untuk Tiket masuk Taman Margasatwa Ragunan adalah Rp 4.000/orang dewasa dan Rp 3.000/anak di atas 3 tahun. Kebun binatang di Jakarta Selatan ini buka setiap Selasa-Minggu pukul 07.00-14.30, dan tutup setiap Senin, untuk memberikan waktu bagi para satwa tanpa dikunjungi banyak manusia.

2. Faunaland Ancol #

Faunaland Ancol

Konsep kebun binatang yang satu ini mirip dengan Ragunan, sob. Bisa dibilang ini 11 dan 12 lah sama kebun binatang Ragunan. Kalau kamu bosan ke Ragunan bisa mengunungi Faunaland Ancol untuk merasakan suasana baru. Tapi, Faunaland Ancol ini lebih kecil dengan luas 5 hektar saja, sob.

Konsep landscape kebun binatang ini adalah Papua dan menghadirkan satwa unik dan langka di Indonesia dan berbagai mancanegara. Sangat bervariatif satwa dari Indonesia Timur, sob. Kamu bisa mengunjungi kebun binatang ini. Harganya juga terjangkau, kok. Dengan harga tiket Rp 90.000 Faunaland bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 09.00-17.00 WIB. Jangan lewatkan bird show-nya juga, ya!

Baca juga artikel lain dari kami : Menjelajahi Kekayaan Alam Ibu Kota : 10 Wisata Alam Terbaik di Jakarta

3. Jakarta Aquarium & Safari #

Jakarta Aquarium & Safari

Jika kamu berkunjung ke Jakarta Barat jangan lupa mampir Jakarta Aquarium & Safari ini ya, sob! Yup, kebun binatang ini menyajikan fauna akuatik dan non akuatik. Tapi, konsep kebun binatang yang ini indoor, sob. Kamu serasa di dunia bawah air, karena bisa melihat binatang-binatang yang hidup di air dalam aquarium besar.

Untuk kunjungan weekdays harga tiket berkisar antara Rp 109.250–Rp 142.500/ anak dengan maksimal tinggi 120cm, dan Rp 142.500–Rp 190.000/orang dewasa, bergantung jenis tiket yang dipilih (reguler atau premium). Sedangkan untuk weekend harga tiket berkisar antara Rp 142.500–Rp 166.250/anak dan Rp 166.250–Rp 213.750/orang dewasa, bergantung jenis tiket yang dipilih (regular atau premium).

Wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 10.00-21.00 WIB, dengan batas waktu masuk terakhir adalah pukul 19.00 WIB. Harga tiket masuk kebun binatang yang satu ini berbeda antara weekdays (Senin-Jumat) dan weekend (Sabtu, Minggu dan hari libur nasional).

4. Sea World Ancol #

Sea World Ancol

Kebun binatang itu kan memang tidak hanya binatang di darat saja, ya? Melainkan binatang di air juga, kan? Nah, ada Sea World Ancol yang dapat kamu kunjungi di akhir pekan nanti, sob. Apalagi kalau kamu mau kencan juga cocok banget, deh. Seperti anak-anak jaman sekarang istilahnya ngedate di aquarium besar.

Terdapat sekitar 7.300 biota laut air tawar dan 11.500 biota air laut. Semuanya terbagi dalam 9 akuarium air tawar, 19 akuarium air laut, dan 4 kolam terbuka. Tiap akuariumnya punya tema yang berbeda dan khusus yang pastinya untuk edukasi para pengunjung dong, sob. Di sini juga ada terowongan akuarium khusus hiu. Kamu bisa menikmati digital gallery yang berisi informasi hewan dan tumbuhan laut di sini.

Wah, jadi nggak sabar berlibur ke sana, nih! Sea World buka setiap hari pukul 09.30-16.30 dan khusus hari Minggu buka pukul 09.00. Untuk tiketnya sendiri berkisar antara Rp 110.000-Rp 140.000/orang.

Baca juga artikel lain dari kami : Kabur dari Kebisingan Kota ke Pantai Dekat Jakarta

5. Jakarta Bird Land Ancol #

Jakarta Bird Land Ancol

Kalau kebun binatang yang ini memiliki berbagai jenis burung, sob. Kamu bisa melihat tempat wisata yang digunakan sebagai konservasi burung asal Indonesia dan mancanegara. Jakarta Bird Land Ancol juga memiliki pusat Breeding & Research, lho, sebagai fokus pada pelestarian burung yang terancam punah.

Selama berada di sini, kamu bisa menyentuh burung secara langsung dan memberinya makan. Pokoknya seru banget, deh! Kamu harus ke sini ajak anak atau adik kamu melihat berbagai jenis burung yang beragam. Mulai dari burung Makau dan Kakaktua, ada area Hornbill family, ada burung pemangsa juga, area burung perairan, kandang burung dan mini show.

Jakarta Bird Land buka setiap harinya dan bisa dikunjungi mulai pukul 09.30-16.30 WIB. Harga tiket masuk ke Jakarta Bird Land adalah Rp 80.000, belum termasuk tiket masuk Taman Impian Ancol.

6. Taman Burung TMII #

Taman Burung TMII

Nah, jika kamu sedang berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah, jangan lupa buat mengunjungi Taman Burung ya, sob! Di sini terdapat koleksi lengkap burung. Dalam 1 lingkungan Taman Burung, terdapat dua kubah besar. Kubah ini terbagi menyesuaikan vegetasi tanamannya (buah, biji, pucuk).

Sementara di kubah barat berisi burung dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali, seperti Merak, Beo Putih, Enggang, Elang, dan Jalak Bali. Sedangkan kubah timur berisi burung dari Sulawesi, Maluku, dan Papua. Seperti burung Kasuari, Maleo, Nuri, Cendrawasih, dan Dara Mahkota.

Tak hanya itu, ada juga bird show selama berkegiatan di dalam Taman Burung TMII ini, seperti show edukasi burung, feeding show burung perairan dan feeding show burung berkicau. Tiket masuknya hanya Rp 30.000/orang.

7. Museum Komodo dan Taman Reptilia TMII #

Museum Komodo dan Taman Reptilia TMII

Masih berada di Taman Mini Indonesia Indah, kamu bisa mengunjungi museum berisi komodo yang diawetkan, sob. Setelah itu, kamu bisa langsung beralih ke Taman Reptilia yang terdapat binatang-binatang reptil, seperti ular, buaya, iguana, dan kura-kura. Kamu bisa berinteraksi secara langsung atau foto bersama dengan binatang reptil tersebut. Tentunya ini aman ya, sob.

Ada juga feeding show buaya yang bikin tegang dan meet ‘n greet bareng bayi komodo. Waahh, menarik sekali, ya! Tiket masuknya juga cukup murah, yaitu Rp 25.000/orang.

8. Museum Serangga dan Taman Kupu TMII #

Museum Serangga dan Taman Kupu TMII

Masih di kawasan yang sama juga, kamu bisa mengunjungi museum dengan aneka jenis kumbang, kupu-kupu, dan serangga jenis lainnya. Semuanya dalam bentuk diorama dan ada peta persebaran hewan-hewan tersebut, sob.

Setelah itu, kamu juga bisa langsung beralih ke Taman Kupu, di sini kamu bisa menikmati suasana sejuk dengan pohon-pohon bunga dan ratusan jenis kupu-kupu hidup yang cantik warnanya serta coraknya. Harga tiket masuk ke sini adalah Rp35.000 /orang ya, sob.

Baca juga artikel lain dari kami : Rekomendasi 10 Taman Kota Terbaik Buat Healing di Jakarta

9. Dunia Air Tawar TMII #

Dunia Air Tawar TMII

Berikutnya kebun binatang di Jakarta versi satwa air tawar ada di Dunia Air Tawar TMII. Lokasinya berdekatan dengan Dunia Serangga (Museum Serangga dan Taman Kupu). Bahkan tiket masuknya sudah termasuk untuk masuk ke Dunia Serangga, lho! Rp 35.000/orang dan bisa diakses setiap hari untuk mendapatkan Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga.

Di dalamnya terdapat sekitar 126 spesies air tawar dengan variasi tanaman air, crustacean (golongan udang), dan ikan. Anak-anak yang penasaran dengan piranha juga bisa ikut memberi makan ikan ini selama berkunjung, dengan jadwal tertentu. Selain piranha juga ada kegiatan memberi makan ikan Arapaima, lho.

Gimana, sob? Ternyata banyak sekali wisata kebun binatang di Jakarta, kan? Tidak hanya Ragunan saja, kamu bisa mengununjungi selain Ragunan, lho. Yuk, kita liburan ke 9 kebun binatang di Jakarta tersebut! Selamat liburan!

...

Ayana Media

|

Sep 08, 2023

4 Rekomendasi Tempat Nongkrong Ala Gen Z Terbaru 2023!

Anak Gen Z merapat di tempat nongkrong ini biar ik...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Nov 23, 2023

Destinasi Wisata Akhir Tahun 2023: 4 Rekomendasi Galeri Seni di Jakarta Terbaik yang Bisa Kamu Kunjungi!

Bingung akhir tahun kemana? Kamu bisa mengunjungi ...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Jun 02, 2023

6 Rekomendasi Wisata Sejarah di Jakarta

Rekomendasi Wisata Sejarah di Jakarta...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Jul 12, 2023

Liburan Tipis-Tipis, Ini Dia 5 Rekomendasi Wisata Menarik di PIK Jakarta yang Wajib Dikunjungi Tahun Ini!

Mengenang masa kecil dengan jalan-jalan ke PIK. Ba...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

May 02, 2023

10 Hotel terbaik di Jakarta Selatan yang Cocok untuk Staycation

Rekomendasi hotel di Jakarta Selatan buat kamu yan...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

May 04, 2023

Rekomendasi 10 Toko Oleh-oleh Khas Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi Pusat oleh-oleh Jakarta...

Baca Selengkapnya