Home |

Melepas Penat dengan 7 Rekomendasi Hutan Kota di Jakarta Bikin Betah

Ayana Media

|

May 08, 2023

Melepas Penat dengan 7 Rekomendasi Hutan Kota di Jakarta Bikin Betah

Healing ke Hutan Kota di Jakarta

Bagi kamu warga Jakarta yang setiap hari memandang gedung-gedung tinggi pencakar langit, sekali-kali pergilah cuci mata ke hutan kota yang ada di Jakarta, sob. Liburan jangan di rumah aja, mendingan jalan-jalan ke tempat alam kayak ke hutan kota ini, sob.Dijamin deh kamu bakal ketagihan gak mau pulang atau bisa jadi bakal rutin datang ke sini terus, hehe.

Liburan akhir pekan memang pendek, hanya dua hari. Makanya, bagi kamu yang ingin melepas penat sambil healing, mendingan pergi olahraga pagi seperti jogging atau lainnya di hutan kota, gengs. Meskipun hutan ini berada di tengah-tengah Kota Jakarta dengan pemandangannya yang indah, kamu tetap bisa merasakan kesegaran dan kesejukan.

7 Hutan Kota di Jakarta ini bikin kamu merasa tenang dan damai. Yah, lumayan ini salah satu cara alternatif menikmati liburan. Dari pada jauh-jauh ke luar kota yang memerlukan waktu banyak dan yang ada capek di jalan doang, sob. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah menyediakan tempat refreshing seindah dan senyaman kayak hutan kota ini, sob.

Tinggal di Kota Jakarta yang besar ini pastinya kalian mikir kalau jarang menemukan pepohonan yang rindang? Eits, tenanag saja, kini Kota Jakarta sudah banyak tempat-tempat rindang buat nongkrong dan santai-santai bareng teman, keluarga, dan pacar. Bahkan mudah ditemukan. Semuanya tersebar di 5 wilayah DKI Jakarta.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi polusi udara di DKI Jakarta yang udah parah banget. Nah, makanya dah Pemprov DKI berinisiatif menangani masalah tersebut dengan menghadirkan pepohonan rindang, selain itu sebagai area resapan air juga termasuk mengatasi permasalahan banjir di Jakarta.

Nah, bagi kamu yang orang Jakarta atau turis lagi jalan-jalan di Jakarta, Ayu punya rekomendasi 7 hutan kota di Jakarta yang dapat kamu kunjungi. Yuk, tunggu apalagi, simak penjelasan Ayu sebagai berikut ya, sob!

Baca Juga Artikel Lain dari Kami

1. Hutan Kota Sangga Buana Lebak Bulus, Jakarta Selatan #

Hutan Kota Sangga Buana


Jika kamu berada di Jakarta Selatan, wilayah kota ini memiliki banyak pepohonan yang rindang, seperti adanya taman dan hutan kota. Sekarang yang lagi dibahas adalah hutan kota ya, sob. Jadi, pertama ada Hutan Kota Sangga Buana di Lebak Bulus, Jakarta Selatan yang letaknya ada di bantaran Sungai Pesanggrahan, Karang Tengah.

Hutan Kota ini termasuk luas banget, sob. Berdiri di hamparan seluas 120 hektar. Hutan Kota Sangga Buana Lebak Bulus ini ditangani dan dikelola oleh Kelompok Tani Sangga Buana. Dimana mereka yang melakukan perawatan hutan ini demi kenyamanan para pengunjung yang datang.

Fungsi dari hutan kota ini merupakan sebagai tempat konservasi dan sarana edukasi serta rekreasi. Bahkan, di sini ada banyak rumah tradisional Betawi yang terletak di antara rerimbunan pepohonan. Bagi kamu yang mau olahraga juga di sini disediakan lapangan sepakbola, perpustakaan, dan mushola. Lengkap banget deh pokoknya, sob.

2. Hutan Kota Blok P Prapanca, Jakarta Selatan #

Hutan Kota Blok P Prapanca


Masih di wilayah Jakarta Selatan, hutan kota yang satu ini juga berfungsi sebagai hutan konservasi resapan air yang memiliki luas 1,64 hektar, sob. Lokasinya ada di Jalan Prapanca Blok P dan bersebelahan dengan Balai Kota Jakarta Selatan.

Fasilitas yang ada di sini juga cukup lengkap. Kamu bisa melihat penangkaran rusa, penangkaran burung, monumen, dan ada Taman Ade Irma Suryani juga. Kemudian, halte taman dan pintu air. Kamu bisa rekreasi sambil edukasi selama di sini, sob. Kebeutulan hutan kita ini juga merupakan kawasan lindung flora dan fauna.

3. Hutan Kota GBK Tanah Abang, Jakarta Pusat #

Hutan Kota GBK


Siapa sih yang gak tahu GBK? Yup, Gelora Bung Karno atau akrab disebut GBK ini berada di Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Selain hutan kota, di sini juga banyak kulineran, sob. Tempat wisatanya juga banyak dibangun oleh Hotel Plataran.

Sebelum dibangun menjadi hutan kota GBK, lahan ini merupakan lapangan golf, lho. Jadi area ini juga lumayan luas sekitar 4 hektar dan memang ditata sebagai ruang terbuka hijau dan berfungsi sebagai lahan konservasi. Jadi, cocok banget deh Hutan Kota GBK ini jadi sarana rekreasi buat kaum urban di tengah kesibukan hidup di kota besar kayak Jakarta, hehe.

4. Hutan Kota Srengseng Kembangan, Jakarta Barat #

Hutan Kota Srengseng


Siapa di sini anak Jakbar? Hayo, angkat tangan. Ayu sebagai anak Jakarta Barat juga mau merekomendasikan hutan kota yang ada di Srengseng Kembangan ini, sob. Jakarta Barat memang wilayahnya udah padat sekali dan udah jarang ditemukan pepohonan apalagi hutan kota.

Tapi, tenang saja masih ada kok hutan kota, sekarang juga taman sejenis RPTRA juga sudah banyak di Jakarta Barat. Kamu tinggal eksplor lebih dalam lagi tentang Jakarta Barat. Kawasan hutan kota ini juga sebagai lindung flora dan fauna, lho.

Lokasinya ada di Jalan Haji Kelik, Kembangan, Jakarta Barat. Kawasan ini juga merupakan tempat penelitian plasma nutfah dan pelatihan petugas pengelola hutan. Banyak tempat rekreasinya juga di sini yang dibuka untuk umum.

Luasnya mencapai 15,3 hektar dan berbatasan langsung dengan Sungai Pesanggrahan. Sebelum dibangunnya Hutan Kota Srengseng ini dahulu lahan ini merupakan hutan lindung dan juga resapan air. Gimana? Menarik, kan?

5. Hutan Kota Mangrove PIK, Jakarta Utara #

Hutan Kota Mangroove


Jakarta memang dikenal dengan kawasan yang rawan banjir, sob. Salah satunya adalah Jakarta Utara. Makanya pemerintah setempat membuat resapan air dengan membuat hutan kota mangrove yang dapat menahan banjir.

Hutan kota yang satu ini sangat berbeda dengan hutan kota lainnya di Jakarta. Kamu bisa menikmati pemandangan hutan yang dipenuhi tumbuhan mangrove. Selain itu, hutan kota ini juga bisa dijadikan sarana rekreasi untuk melepas penat setelah melewati hari-hari yang penat, sob.

Lumayan, kan? Kamu bisa sekalian foto-foto di pohon tembakau yang rindang dan tentunya menenangkan. Kamu juga bisa menaiki jembatan cantik yang berada di atas air dan indah banget deh pokoknya. Suasananya bikin betah banget!

6. Hutan Kota Kemayoran, Jakarta Utara #

Hutan Kota Kemayoran


Hutan kota ini juga dibangun dengan tujuan untuk konservasi lingkungan, sob. Fungsinya adalah mendorong terciptanya iklim ikro yang nantinya akan membuat masyarakat nyaman. Lokasinya ada di Kemayoran, Jakarta Utara. Selain itu, hutan kota ini juga sebagai kawasan penyangga lingkungan fisik kritis perkotaan.

Luas hutan kota ini yaitu 12,8 hektare dengan adanya rawa buatan sebagai pelindung erosi dan abrasi. Ada gerbang hutan kota juga yang akan melindung fasilitas lainnya saat pengunjung ingin berekreasi di sini, sob.

7. Hutan Kota Cijantung Pasar Rebo, Jakarta Timur #

Hutan Kota Cijantung


Dahulu hutan ini sebagai tempat latihan para prajurit Kopassus. Terkenal dengan naa “Hutan Kalimantan” yang terletak di Jalan RA. Fadillah, tepatnya di dekat gapura Komprek Kopassus, Cijantung, Pasar Rebo. Hutan ini memiliki luas sekitar 1,75 hektare.

Itu dia 7 hutan kota di Jakarta yang dapat kamu kunjungi di akhir pekan, sob. Selamat refreshing!

...

Ayana Media

|

Nov 02, 2023

Stres Bekerja? Ini dia 5 Rekomendasi Tempat Relaksasi Untuk Menyegarkan Jiwa Raga!

Yuk, kita relaksasi tubuh ke tempat-tempat yang me...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Jan 18, 2024

Rekomendasi 5 Taman Sejuk nan Asri di BSD, Oase di Tengah Kota yang Ramai untuk Healing

5 Taman Sejuk nan Asri di BSD, Oase di Tengah Kota...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Jun 07, 2023

5 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Jakarta

Wisata anak yang rekomendasi untuk rekreasi sekali...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Jul 18, 2023

Rekomendasi 5 Jasa Check-In Terpercaya 2023 di Bandara Jakarta Soekarno-Hatta

Dapatkan Rekomendasi Jasa Check-In Terbaik di Band...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

May 22, 2023

Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Imperdible di Kepulauan Seribu

Rekomendasi tempat liburan di Kepulauan Seribu...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Apr 29, 2024

Rekomendasi 10 Jasa Tour Jepang untuk Liburan Golden Week dari Jakarta

Jasa open trip tour Jepang golden week untuk libur...

Baca Selengkapnya