Home |

Nggak Bisa Nahan Buat Traveling? Nih, 10 Tempat Wisata di Kota Tua Jakarta yang Kece Abis di 2023

Ayana Media

|

Aug 15, 2023

Nggak Bisa Nahan Buat Traveling? Nih, 10 Tempat Wisata di Kota Tua Jakarta yang Kece Abis di 2023

Saatnya buat jelajahi wisata di area kota tua Jakarta dengan 10 tempat wisata yang direkomendasikan

Holla, buat temen-temen yang emang gak bisa nahan buat jalan-jalan dan pengen cari pengalaman baru, ada kabar seru nih! Gue mau berbagi rekomendasi tempat wisata di Kota Tua Jakarta yang bener-bener bikin mata kamu nggak berkedip deh, dan ini bisa jadi bucket list untuk dijelajahi di tahun 2023. Jadi, mulai dari yang beneran suka nyari spot foto kece sampe yang suka ngejar insight tentang sejarah dan budaya, semua bakal puas banget. Jadi, siap-siap buat jadi traveler keren, ya.

Ceritanya, Kota Tua Jakarta ini tuh gak cuma sekadar destinasi wisata biasa, tapi juga kaya akan sejarah dan budaya yang nggak bisa kamu temuin di tempat lain. Bangunan-bangunan tempo dulu yang masih awet nempel di sini, itu tuh kayak jendela buat melihat masa lalu. Jalanan berbatu dan lorong-lorong misterius bisa jadi jalan buat ngeliat sisi kota yang jarang kita eksplor. Makanya, nggak heran banyak yang manggil tempat ini sebagai "kapsul waktu" karena bisa nyelamatin kita dari hiruk-pikuk perkotaan. Nah, di tahun 2023 ini, Kota Tua Jakarta juga hadir dengan lebih banyak event dan acara-acara seru yang pasti bikin perjalanan kamu makin lengkap dan penuh warna.

Dulu, Kota Tua Jakarta nggak seperti sekarang. Jalan-jalan berbatu yang dulu menjadi jalur perdagangan sibuk, kini jadi saksi bisu perjalanan waktu. Kawasan ini, yang juga dikenal sebagai Batavia pada masa penjajahan Belanda, adalah titik awal berdirinya kota Jakarta yang kita kenal saat ini. Namun, di balik kemegahan arsitektur klasik dan jalan-jalan bersejarah, ada cerita unik dan warisan sejarah yang menghiasi setiap sudut.

Kisah dimulai pada abad ke-17 ketika VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie), perusahaan dagang Belanda, mendirikan Batavia sebagai basis perdagangan di wilayah Asia Tenggara. Dengan bangga, mereka membangun gedung-gedung megah dan infrastruktur yang mencerminkan kejayaan kekuasaan mereka. Beberapa bangunan yang masih berdiri hingga kini antara lain adalah Gereja Katedral Jakarta dan Museum Fatahillah.

Di tengah kekayaan arsitektur kolonial tersebut, beragam budaya dan agama juga turut berkembang. Kawasan ini dulu menjadi pusat kehidupan multikultural dengan masjid, kuil, dan gereja yang berdampingan. Sejarah ini kian terasa saat mengunjungi Kuil Jin De Yuan, yang sudah berdiri sejak abad ke-17, atau saat berjalan melalui Jalan Cengkeh yang dulu dikenal sebagai "Chinese Street".

Tak hanya bangunan, Kota Tua Jakarta juga menjadi saksi bisu peristiwa penting dalam perjalanan kemerdekaan Indonesia. Gedung Balai Kota Jakarta pernah menjadi markas bagi para pejuang yang berjuang mengusir penjajah. Dan di belakang megahnya Museum Bank Indonesia, kamu akan menemukan Patung Jenderal Sudirman yang mengingatkan kita pada semangat juang para pahlawan.

Melalui eksplorasi di Kota Tua Jakarta, kita bisa merasakan sentuhan sejarah yang tak tergantikan. Setiap jalan, gedung, dan sudut punya kisah masing-masing. Taman Fatahillah, yang kini sering menjadi titik kumpul dan pusat kegiatan budaya, dulu adalah alun-alun utama di Batavia yang kerap digunakan untuk upacara dan pameran. Begitu juga dengan Museum Wayang yang tak hanya menyimpan koleksi boneka wayang berharga, tapi juga riwayat budaya yang terjalin dengan seni pertunjukan.

Tentu saja, perkembangan kawasan ini tak lepas dari peran masyarakat sekitar yang terus menjaga dan melestarikan warisan sejarahnya. Meski telah menjalani perubahan zaman, Kota Tua Jakarta tetap memancarkan pesona dan pesan dari masa lalu. Wisata di sini bukan hanya sekadar melihat, tapi juga merasakan, mendengar, dan menjadi bagian dari jejak-jejak sejarah yang masih hidup hingga kini.

Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Kota Tua, Jakarta yang Gak Boleh Kamu Lewatkan #

1. Taman Fatahillah #

Taman Fatahillah
Taman Fatahillah

Gak bisa ngomongin Kota Tua tanpa sebutin Taman Fatahillah. Di sini, suasana nostalgia benar-benar ngalir. Gedung-gedung tempo dulu, yang sekarang banyak jadi museum, bikin kita berasa masuk ke dalam lembaran buku sejarah. Plus, suasana kafe dan resto di sekitar taman, bikin kamu bisa ngopi atau makan enak sambil meresapi suasana unik ini.

Baca juga artikel lain dari kami : Nongkrong Anti Bosen di Blok M : Rekomendasi 10 Tempat Nongkrong Urban Kekinian di Blok M untuk 2023

2. Cave Batavia #

Cafe Batavia
Cafe Batavia

Oke, ngomong-ngomong tentang tempat nongkrong, gue mau cerita nih tentang Cafe Batavia. Ini dia tujuan seru buat yang butuh refreshing dan makan enak di Kota Tua Jakarta. Jadi, lo bakal duduk tenang sambil ngeliatin suasana tempo dulu yang keren banget. Gak cuma itu, makanannya juga bikin lidah lo bergoyang. Mau coba pesen makanan sambil ngeliatin pemandangan asik di luar jendela yang langsung nyambung ke Taman Fatahillah? Langsung aja gas pol!

Baca juga artikel lain dari kami : 5 Rekomendasi Café Vintage di Jakarta, Instagramable dan Bikin Nostalgia!

3. Jembatan Kota Intan #

Jembatan Kota Intan
Jembatan Kota Intan

Pernah denger tentang Jembatan Kota Intan? Kalo belum, buruan deh cek! Jembatan ini kaya jadi portal waktu yang ngebawa kamu ke masa lampau. Angin sepoi-sepoi pas menyeberangi Kali Besar, di sini kamu bakal ngerasain gimana atmosfir Kota Tua Jakarta dulu. Dan tentunya, sambil ngejar potret yang kece!

4. Museum Bank Indonesia #

Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia

Buat yang suka sejarah ekonomi dan perbankan, museum ini kayak surga pengetahuan. Bukan cuma koleksi uang lama aja, tapi juga cerita soal bagaimana ekonomi Indonesia berkembang dari masa ke masa. Ada banyak maket, benda bersejarah, dan cerita menarik di baliknya. Nggak hanya edukatif, tapi juga bisa jadi perjalanan melalui waktu.

5. Museum Seni Rupa dan Keramik #

Museum Seni Rupa dan Keramik
Museum Seni Rupa dan Keramik

Buanyaak banget seni di Indonesia, dan di museum ini, kamu bisa ngeliat langsung karya-karya seni rupa dan keramik dari berbagai zaman dan daerah. Mulai dari seni klasik sampe kontemporer, semuanya ada. Bisa nambah wawasan, bisa juga inspirasi buat yang seneng berkreasi.

Baca juga artikel lain dari kami : Mengunjungi 5 Museum Terbaik di Jakarta dan Menikmati Kuliner Sekitarnya

6. Museum Wayang #

Museum Wayang
Museum Wayang

Buat yang suka seni tradisional, Museum Wayang wajib masuk list kunjungan. Koleksi boneka wayang dari berbagai daerah di Indonesia nampilin kekayaan budaya kita yang nggak bisa diremehin. Kamu juga bisa liat pertunjukan wayang kulit yang bikin suasana semakin hidup.

7. Kawasan Kali Besar #

Kawasan Kali Besar
Kawasan Kali Besar

Kalo kamu butuh tempat buat slow down dari hiruk-pikuk kota, mampirlah ke Kawasan Kali Besar. Ketenangan yang ditawarin sama aliran sungai dan pemandangan sekitarnya bakal bikin kamu lupa waktu. Nggak hanya itu, suasana ini juga cocok buat nongkrong sambil baca buku atau sekadar ngeblog.

8. Art Street Kota Tua #

Art Street Kota Tua
Art Street Kota Tua

Buat para pecinta seni jalanan, Art Street ini nggak boleh dilewatin. Dinding-dindingnya dihiasi mural-mural warna-warni yang keren abis. Ini tuh jadi tempat yang pas buat foto-foto dengan latar belakang yang unik. Mau pamer gaya atau buat konten Instagram, di sini bakal dapet hasil foto yang memuaskan!

9. Pelabuhan Sunda Kelapa #

Pelabuhan Sunda Kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa

Kalo kamu penasaran sama masa lalu maritim Indonesia, Pelabuhan Sunda Kelapa ini tempat yang tepat. Perahu-perahu layar tradisional masih nangkring di sini, jadi kamu bisa ngeliat langsung gimana cara orang dulu berdagang. Pemandangannya yang klasik dan sejarah yang nempel di setiap pohonnya, bikin pengalamanmu nggak terlupakan.

10. Stasiun Kereta Api Jakarta Kota #

Stasiun Kereta Api Jakarta Kota
Stasiun Kereta Api Jakarta Kota

Stasiun ini tuh seakan jendela ke masa lalu. Dari bangunannya yang kuno dan artistik, kamu bisa nangkepin aura kolonialnya. Bisa juga bayangin gimana orang-orang tempo dulu datang ke stasiun ini dengan harapan dan cerita masing-masing. Buat yang suka dokumentasi atau sekadar merasakan atmosfir unik, tempat ini punya banyak cerita untuk dijelajahi.

Jelang perjalanan, cek cuaca dan pastikan bawa pakaian yang nyaman buat jalan-jalan. Biar nggak kelaperan, siapkan juga air minum dan camilan favoritmu. Kalo kamu bingung atau ada yang mau ditanyain, jangan ragu tanya sama orang sekitar. Mereka pasti senang membantu. Dan yang paling penting, jangan lupa bawa kamera atau ponsel buat abadikan semua momen seru.

Kesimpulannya, kalo kamu mau liburan yang bener-bener beda di 2023, Kota Tua Jakarta adalah tempat yang harus masuk daftar kunjunganmu. Dari keindahan sejarahnya sampe keragaman budayanya, semua lengkap banget di sini. Jadi, siapkan jadwal, ajak temen-temen atau keluarga, dan siap-siap buat ngelilingin Kota Tua Jakarta yang unik dan nggak pernah habis ditemukan.

...

Ayana Media

|

Sep 08, 2023

4 Rekomendasi Tempat Nongkrong Ala Gen Z Terbaru 2023!

Anak Gen Z merapat di tempat nongkrong ini biar ik...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Aug 10, 2023

Nongkrong Anti Bosen di Blok M : Rekomendasi 10 Tempat Nongkrong Urban Kekinian di Blok M untuk 2023

Explorasi asyiknya nongkrong di Blok M dengan 10 r...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Jul 06, 2023

Nikmati Pengalaman Liburan ke Korea : 5 Rekomendasi Travel Tour ke Korea di Jakarta 2023

Rekomendasi tour travel untuk liburan ke korea...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

May 01, 2023

Rekomendasi 10 Taman Kota Terbaik Buat Healing di Jakarta

Healing di tengah-tengah taman Kota Jakarta...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Jul 20, 2023

Healing ke Rekomendasi 5 Wisata Danau di Jakarta, Adem Banget!

Healing murah meriah ke tempat wisata danau di Jak...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

May 02, 2023

10 Hotel terbaik di Jakarta Selatan yang Cocok untuk Staycation

Rekomendasi hotel di Jakarta Selatan buat kamu yan...

Baca Selengkapnya