Home |

8 Tempat Wisata Pulau Cantik dan Populer di Jakarta

Ayana Media

|

May 05, 2023

8 Tempat Wisata Pulau Cantik dan Populer di Jakarta

Liburan ke pulau cantik dan populer di Jakarta

Pulau Macan
Pulau Macan

Kalian tahu gak sih kalau Jakarta itu juga banyak tempat wisata airnya? Salah satunya adalah pulau yang ada di kawasan Pulau Seribu. Bagi kamu yang orang Jakarta atau sedang liburan ke Jakarta, belum lengkap rasanya kalau gak liburan di pulau.

Jakarta memang terkenal akan keindahan gedung pencakar langitnya. Akan tetapi Jakarta juga kaya akan pulau. Saat ini telah tersusun sekitar 110 pulau yang secara administratif masuk ke wilayah regional Ibukota DKI Jakarta. Tidak ada salahnya mencoba liburan ke pulau ini, sob.

Memang banyak banget pilihan pulaunya, sob. Tapi, jangan khawatir. Ayu punya rekomendasi 8 wisata pulau yang cantik dan populer buat kamu kunjungi, sob. Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas selama berada di pulau ini. Memang tempat wisatanya cocok banget bagi warga Jakarta yang gak mau liburan jauh-jauh saat akhir pekan.

Jangan lupa ajak keluarga, teman, atau pacar kamu ke sini ya, sob. Sekarang, Ayu mau ngasih tahu apa saja 8 pulau tersebut. Simak baik-baik artikel ini, ya!

1. Pulau Anyer #

Pulau Anyer
Pulau Anyer

Pertama ada Pulau Anyer nih, sob. Siapa sih yang gak asing dengan nama Pulau Anyer ini? Biasanya warga Jakarta yang berkunjung ke pulau ini dijamin bakal betah, karena pemandangannya yang indah banget. Makanya pulau ini sering kamu dengar direkomendasikan para travel tour.


Kamu bisa bersantai dan tinggal di pondok terapung yang ada di dekat dengan pantai. Di sini juga ada pondok kecil mirip rumah tradisional Papua. Memang benar-benar menarik banget Pulau Anyer yang sudah dikembangkan sejak tahun 1950-an ini.

Pulau Anyer dulu juga jadi tempat beristirahat Presiden Soekarno pas masih menjabat jadi Presiden RI. Fasilitas di sini juga cukup memadai. Ada restoran, tempat karaoke, tempat olahraga, kolam renang, dan masih banyak lagi, sob.

Lokasinya ada di Jl. K.H. Samanhudi No.47-49, Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

2. Pulau Pari #

Pulau Pari
Pulau Pari


Pulau yang satu ini juga sebenarnya masih termasuk baru dibuka, sob. Tempatnya gak kalah indah dengan Pulau Anyer. Di sini juga para wisatawan ditawarkan dengan berbagai destinasi menarik dan cocok buat mengabadikan momen.

Suasana pulau ini asri banget, kamu juga bisa naik perahu nelayan yang kecil dan sederhana. Pulau ini memiliki air yang jernih dan bersih. Apalagi langitnya berwarna biru bikin kontras dengan air laut dan makin cantik pemandangannya.

Kamu harus mencoba ke area virgin sands, dimana area pantai ini belum banyak yang eksplor jadi masih bersih dan bagus banget. Lokasi Pulau Pari ada di Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

3. Pulau Bidadari #

Pulau Bidadari
Pulau Bidadari


Sesuai namanya, Pulau Bidadari indah bagaikan bidadari, sob. Pulau ini yang paling mudah dijangkau oleh para wisatawan, karena berada di dekat pelabuhan feri yang ada di Ancol. Kamu haya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja dari Pantai Ancol.

Kamu juga akan menemukan situs Benteng Martello di Pulau Bidadari yang sudah ada sejak abad ke-17 ketika jaman penjajahan kolonial, sob. Seru banget, kan? Kamu bisa sekalian wisata edukasi juga selama berada di pulau ini.

Jangan lupa ajak keluarga, teman, dan pacarmu buat mengabadikan momen dengan berfoto-foto di spot-spot yang indah, sob. Di sini banyak pepohonan yang bisa jadi latar belakang foto kamu. Lokasinya ada di Pulau Untung Jawa, Kec. Kepulauan Seribu Selatan. Kab. Kepulauan Seribu.

4. Pulau Macan #

Pulau Macan


Bukan, kok. Bukan banyak macannya. Pulau Macan ini cuman namanya saja. Tapi, tempatnya cocok banget buat jadi destinasi wisata bersama pasangan dan berbulan madu di sini, sob. Suasananya memang romantis banget. Kamu bisa menikmati pemandangan sekitar bersama pasanganmu.

Desain tempat hunian ini juga unik banget. Dibangun menyerupai gubuk yang tradisional dan sederhana. Kamu akan dibuat serasa tinggal di tempat terpencil dan tentunya hanya ada kedamaian, karena lokasinya jauh dari pusat kota. Kamu hanya memerlukan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari Pantai Ancol.

Air di sini bersih dan jernih banget. Kamu akan betah beristirahat di sini lama-lama. Bahkan, kamu bisa mencoba merenung di bibir pantai sambil menikmati sunset. Indah dan tenang banget, ya? Lokasinya ada di Pulau Harapan, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

5. Pulau Tidung #

Pulau Tidung


Pulau Tidung juga menjadi destinasi wisata pulau yang cantik dan tentunya populer banget, sob. Jika kamu suka liburan ke pulau pasti sudah gak asing dengan pulau yang satu ini. Di sini banyak tempat-tempat menarik juga, seperti jembatan cinta dan masih banyak lagi.

Jembatan tersebut panjangnya mencapai 800 meter dan menghubungkan dengan Pulau Tidung ini, sob. Bahkan ada mitosnya, lho. Kalau sepasang kekasih melewati jembatan ini, hubungannya akan abadi. Jembatan ini menjadi simbol harapan cinta.

Kamu juga bisa bersepeda di Pulau Tidung dan melakukan banyak aktivitas lainnya. Terutama foto-foto yang tidak boleh kamu lewatkan. Lokasinya ada di Pulau Tidung, Kec. Kepulauan Seribu Selatan, Kab. Kepulauan Seribu.

6. Pulau Pramuka #

Pulau Pramuka


Bukan buat tempat Pramuka juga, sih, sob. Jika kamu mengunjungi pulau ini nanti bisa mengunjungi salah satu penangkaran penyu hijau yang langka, lho. Fasilitas di pulau ini juga cukup memadai, seperti adanya mushola, fasilitas perbankan yang aktif, dan ada sekolah-sekolah juga.

Pulau Pramuka sebenarnya sudah banyak dihuni oleh masyarakat dan tentunya akan semakin seru dan menarik, karena bisa gabung dengan mereka untuk melakukan berbagai aktivitas yang produktif. Mulai dari melihat biota laut, bahkan olahraga air. Lokasinya ada di Pulau Panggang, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

7. Pulau Putri #

Pulau Putri


Pulau yang satu ini lumayan jauh dari pusat kota, sob. Tapi, justru jadi lebih seru karena jauh dari kebisingan. Jika kamu ingin liburan dengan tenang, aman, nyaman, bahagia, dan tentram, Pulau Putri jadi salah satu destinasi wisata yang tepat untuk kamu datangi.

Selama di sini, kamu bisa menikmati berbagai view alam yang masih segar dan alami. Kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas wisata air yang menarik dan tentunya dapat menyaksikan pemandangan air yang bikin kamu takjub.

Tenang saja, airnya masih bersih dan belum tercemar , kok. Ada fasilitas penginapan dan lainnya yang akan menunjang kebutuhan libur kamu selama di sini, sob. Lokasinya ada di Pulau Harapan, Kec. Kepulauan Seribu Utara, Kab. Kepulauan Seribu.

8. Pulau Onrust #

Pulau Onrust


Pulau terakhir yang direkomendasikan adalah Pulau Onrust. Pulau ini memang sudah banyak direkomendasikan oleh wisatawan lainnya. Kamu bisa mempelajarih sejarah dengan adanya benteng bersejarah di masa Belanda.

Nama Onrust sendiri sebenarnya diambil dari Bahasa Belanda yang berarti kerusuhan. Banyak sekali sejarah mengenai pulau ini, sob. Dahulu pulau ini berfungsi sebagai gelanggang kapal penting perusahaan yang dibangun Belanda. Mulai dari VOC, Serikat Dagang, dan jadi penjara untuk karantina orang-orang yang mau berhaji.

Itu dia 8 wisata pulau yang cantik dan populer yang ada di Jakata. Tapi, kalau lagi musim hujan gini, sih, sebaiknya gak dulu main ke Pulau ya, sob. Nanti kamu bisa main ke pulau saat musim kemarau saja. Demi keselamatan dan keamanan diri kamu. Ini sebagai referensi saja, semoga kamu menemukan tempat liburan yang seru! Selamat Liburan!

...

Ayana Media

|

Apr 02, 2024

10 Rekomendasi Tempat Ngabuburit dan Hunting Takjil di Jakarta

bingung mau ngabuburit dimana? berikut adalah 10 r...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Aug 16, 2023

Rekomendasi Jasa Open Trip ke Bali di Jakarta Cocok buat Healing dari Kerjaan di 2023

Buat yang mau liburan dan healing ke Bali bisa cek...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Nov 14, 2023

Temukan Keindahan Korea di Jakarta : Rekomendasi 4 Wisata Ala Korea yang Wajib Dicoba!

Rekomendasi wisata di Jakarta rasa di Korea cocok ...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Dec 20, 2023

Liburan Tahun Baru ke 4 Galeri Seni Gratis di Jakarta, Berikut Alamatnya!

Mau liburan akhir tahun yang menghemat budget? Kun...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

May 01, 2023

Rekomendasi 10 Taman Kota Terbaik Buat Healing di Jakarta

Healing di tengah-tengah taman Kota Jakarta...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Aug 15, 2023

Nggak Bisa Nahan Buat Traveling? Nih, 10 Tempat Wisata di Kota Tua Jakarta yang Kece Abis di 2023

Saatnya buat jelajahi wisata di area kota tua Jaka...

Baca Selengkapnya