Home |

8 Rekomendasi Tempat Thrifting di Jakarta

Ayana Media

|

May 16, 2023

8 Rekomendasi Tempat Thrifting di Jakarta

Tren thrifting jadi salah satu langkah pemulihan kerusakan bumi

Hayo, siapa di sini yang suka thrifting? Tren thrifting sejak tahun 2020 memang sudah membludak, sob. Bahkan hingga kini tren thrifting masih banyak yang menggandrungi, terutama anak-anak muda. Kamu pernah thrifting gak, sob?

Kamu tahu gak apa itu thrifting? Thrifting merupakan jual beli pakaian bekas pakai. Tren ini menjadi budaya populer di Indonesia. Ya, jadi kayak kalcer gitu, deh. Tapi, tentu saja ada keuntungan dan kelebihan dari budaya thrifting ini, sob.

Dalam jurnal yang berjudul Fashion Thrifting Sebagai Budaya Populer di Kalangan Mahasiswa (2022) oleh Feby Febriayadi menyebutkan meski menuai pro dan kontra, thrifting dianggap mendukung gaya hidup berkelanjutan yang ramah lingkungan.

Ya, seperti itu lah, thrifting sebenarnya bagus untuk mendukung gerakan sustainable fashion, sob. Jadi, mode berkelanjutan yang mengurangi dampak buruk keseimbangan alam. Dengan membeli pakaian bekas, kamu terhindar dari tren fast fashion yang akan merusak planet tercinta kita ini, sob. Jadi, ini merupakan langkah yang bagus untuk alam kita.

Akan tetapi ada kekurangannya jika membeli pakaian bekas. Yup, rawan terkena penyakit, sob. Makanya bagi kamu yang hobi thrifting jangan lupa untuk mencuci bersih pakaian yang telah dibeli agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Yuk, selanjutnya Ayu akan memberikan 8 rekomendasi tempat thrifting di Jakarta yang bisa kamu kunjungi saat weekend atau pun weekday. Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Pasar Senen #

Yup, Pasar Senen memang sudah jadi pusatnya thrifting di Jakarta. Ayu pernah mengunjunginya saat weekend benar-benar rame banget, sob. Membludak pengunjungnya. Mungkin kalau hari biasa jadi agak sepi, ya. Tapi, baju-baju yang ada di Pasar Senen kualitasnya bagus-bagus, sob. Tapi, sayangnya, harga thrifting di sini lama-lama hampir sama dengan baju baru, hehe.

Tapi, gapapa. Kamu bisa memilah-memilih baju-baju yang masih murah dan bagus. Kalau ngomongin thrifting udah gabisa lepas dari yang namanya Pasar Senen. Warga Jakarta pasti sudah tidak asing dengan tempat thrifting yang satu ini, sob. Memang terkenal di kalangan anak muda yang hobi nge-thrift. Bahkan, banyak artis-artis atau influencer yang suka thrift di Pasar Senen juga, lho. Menarik, kan?

Kamu bisa menemukan berbagai pilihan jenis pakaian, mulai dari kaos, celana, jaketm topi, hingga sepatu import juga ada, sob. Kalau kamu beruntung sih bisa aja mendapatkan barang bermerek yang bagus dan murah ada di Pasar Senen.

Lokasinya ada di Senen, Jakarta Pusat. Waktu yang pas untuk mengunjungi pasar ini adalah pukul 08.00 WIB, karena belum terlalu ramai dan banyak barang baru datang di jam-jam ini.

2. Pasar Baru #

Pasar Baru
Pasar Baru

Selain ada Pasar Senen, kamu juga bisa thrifting di Pasar Baru, sob. Tempat thrifting ini merupakan pasar tertua di Jakarta. Jika kamu mengunjungi tempat ini akan menemukan banyak barang bekas dari berbagai jenis barang. Tentunya barang-barang bekas tersebut masih bernilai dan kualitasnya masih banyak yang bagus. Tergantung bagaimana kamu memlihnya, sob.

Kamu akan menemukan toko kacamata dan aksesoris di pintu masuk. Sementara di lantai 2, kamu akan menemukan lensa kamera dan kamera, bahkan menyediakan layanan perbaikan kamera dengan harga yang terjangkau.

Nah, di lantai 3 dan 4 ini kamu bisa menemukan surganya thrifting, sob. Harga yang dibanderol pada pakaian bekas di Pasar Baru juga murah-murah banget, Untuk baju bekas bermerek saja harganya mulai dari Rp15.000 an saja, sob. Gimana? Menarik, kan?

3. Tanah Abang #

Tanah Abang
Tanah Abang

Nah, Tanah Abang mah dari dulu memang udah terkenal sebagai tempat perbelanjaan. Tapi, siapa sangka di sini juga banyak yang menjual barang-barang bekas. Tempat ini juga rekomendasi banget bagi kamu yang hobi thrifting. Kalau bosen ke Pasar Senen, bisa lah main-main ke Tanah Abang, sob, haha.

4. Jatayu #

Jatayu
Jatayu

Tempat terakhir ada Jatayu. Tempat ini merupakan surganya bag para pecinta barang-barang bekas. Meskipun bekas, tapi kualitasnya masih fashionable dan kekinian banget deh pokoknya. Udah gitu harganya terjangkau, sob. Tempat thrifting ini memang sudah terkenal dan menjadi legendari di banding tempat lainnya. Bagi kamu yang hobi koleksi barang bekas pasti sudah tidak asing dengan tempat ini, ya.

5. Pasar Kebayoran #

Pasar Kebayoran
Pasar Kebayoran

Lokasi tempat thrifting ini ada di bawah jalan layang di kawasan Kebayoran Lama, sob. Kamu bisa menemukan berbagai macam jenis barang bekas dijual bebas di sini. Mulai dari sepatu, tas, jam tangan, kipas angin, handphone, pakaian, kaset, peralatan dapur, kaset audio, kamera, dan ada barang antik juga, lho.

Para pedagang banyak yang menjual dagangannya di toko semi permanen, gubuk kayu, dan di bawah jembatan, Memang seperti inilah penampilannya, tapi kalau soal barang yang mereka jual jangan ditanya deh kualitasnya masih banyak yang bagus, sob.

Kebanyakan sih barang yang dijual di sini ada tempat thrifting dengan kualitas yang lebih baik di banding pasar-pasar lain. Makanya, Ayu menyarankan kamu untuk mengunjungi tempat ini, sob. Harga-harganya juga masih wajar, kok. Sesuai deh dengan kondisi barang yang kamu dapat, sob. Jangan lupa, kalian juga harus pintar-pintar menyeleksi mana barang asli dan KW pas belanja di sini ya, sob.

6. Taman Puring #

Taman Puring
Taman Puring

Kalau kamu suka banget thrifting sepatu, Taman Puring punya koleksi sepatu-sepatu bekas yang bermerek nih, sob. Tempat ini sudah ada sejak tahun 1960-an. Pasar ini memang sudah terkenal dari dulu dengan dagangan sepatu bekas yang harganya cukup bersaing lah ya. Mereka punya harga dan kualitas.

Taman Puring menjadi salah satu tempat nge-thrift dengan harga murah tapi barangnya bagus udah gitu masih bisa ditawar lagi Banyak banget sepatu-sepatu bekas yang mereka jual, mulai dari sepatu sekolah, sepatu olahraga, sepatu kerja, sepatu boot, sepatu kets, trekking, hiking, dan masih bayak lagi. Kisaran harganya mulai dari 50 ribuan aja, sob.

7. Jembatan Item #

Jembatan Item
Jembatan Item

Nah, kalau tempat thrifting yang satu ini ada di Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur. Biasanya sih disebut pasar loak Jatinegara yang menjadi surganya thrifting warga Jakarta. Banyak banget yang mereka jual di sini. Barang-barang bekas tersebut dijual di sepanjang jalan dua kilometer. Kamu dapat menemukan sepatu bekas, tas bekas, jam tangan, kipas angin, handphone, baju, kasetm peralatan dapur, kaset tape, kamera, dan barang antik sekalipun.

Mereka biasanya menjual barang dagangannya di atas meja kecil atau sepanduk bekas di emperan gitu. Bahkan, kamu bisa dengan mudah menawar barang-barang tersebut, sob. Meskipun bekas, tapi kualitasnya masih bagus dan layak untuk digunakan.

8. Pasar Santa #

Pasar Santa
Pasar Santa

Tempat thrifting ini memang sudah dikenal menjual barang-barang bekas. Salah satunya adalah thrifting. Kamu bisa coba thrifting banyak jenis barang di sini. Kamu juga harus pintar-pintar memilih barang yang bagus dan kualitasnya masih sangat layak ya, sob. Harus bisa nawar deh kalau perlu. Jadi, bisa dapat barang bagus dengan harga murah jadi kepuasan tersendiri, haha.

Itu dia 8 rekomendasi tempat thrifting di Jakarta yang menjadi surganya para pecinta barang bekas atau thrifting, sob. Benar-benar seru banget sih kalau dicoba. Kamu bisa bandingin mana tempat yang menjual koleksi barang bekas bagus. Selamat mencoba, sob!

...

Ayana Media

|

May 04, 2023

Rekomendasi 10 Toko Oleh-oleh Khas Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi Pusat oleh-oleh Jakarta...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Nov 16, 2023

Gabut di Malam Hari? Ini Dia 4 Rekomendasi Wisata Malam 24 di Jakarta yang Bisa Kamu Kunjungi!

Jangan khawatir kalau kamu merasa gabut di tengah ...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Dec 20, 2023

Liburan Tahun Baru ke 4 Galeri Seni Gratis di Jakarta, Berikut Alamatnya!

Mau liburan akhir tahun yang menghemat budget? Kun...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Nov 02, 2023

Stres Bekerja? Ini dia 5 Rekomendasi Tempat Relaksasi Untuk Menyegarkan Jiwa Raga!

Yuk, kita relaksasi tubuh ke tempat-tempat yang me...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Nov 14, 2023

Temukan Keindahan Korea di Jakarta : Rekomendasi 4 Wisata Ala Korea yang Wajib Dicoba!

Rekomendasi wisata di Jakarta rasa di Korea cocok ...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Aug 16, 2023

Rekomendasi Jasa Open Trip ke Bali di Jakarta Cocok buat Healing dari Kerjaan di 2023

Buat yang mau liburan dan healing ke Bali bisa cek...

Baca Selengkapnya