Home |

10 Rekomendasi Tempat Makan Enak dan Murah di Senayan

Ayana Media

|

May 10, 2023

10 Rekomendasi Tempat Makan Enak dan Murah di Senayan

Kawasan Senayan yang banyak tempat kuliner ini wajib dicoba

Siapa sih yang gak kenal dengan kawasan Senayan yang ramai ini, sob. Senayan merupakan nama kelurahan di Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kawasan Senayan ini terkenal, karena merupakan kawasan penting di Jakarta, sob. Apalagi di kawasan ini terdapat Stadion Gelora Bung Karno atau GBK dan Gedung MPR/DPR.

Sedikit mengulik tentang sejarang kawasan Senayan ini ya, sob. Nama Senayan berasal dari keadaan wilayahnya di masa lampau. Di peta terbitan Topographische Bureau, Batavia, pada 1902, kawasan Senayan ditulis "Wangsanajan" atau "Wangsanayan" yang berarti tanah tinggal atau tanah milik seseorang bernama Wangsanayan.

Pada ratusan tahun yang lalu, tanah luas yang ada di Senayan ini milik Wangsanayan. Sebutannya lama-lama berubah, karena masyarakat lebih murah melafalkan dengan kata Senayan di banding Wangsanayan. Makanya, hingga saat ini nama tersebut memang Senayan, sob.

Kawasan Senayan ini memang populer sejak dulu pada masa pembangunan Gelanggang Olahraga (Gelora) Bung Karno sekitar tahun 1960-an dalam rangka Asian Games yang keempat. Pembangunan Gelora Bung Karno tersebut juga dibantu oleh Pemerintah Uni Soviet pada masa kepemimpinan Perdana Menteri Nikita Sergeiwitsj Kruschev.

Sekarang sih Senayan udah banyak perubahan dan berkembang banget ya, sob. Salah satunya GBK udah makin bagus aja dan ada Gedung MPR/DPR, kini bahkan jadi pusat bisnis dan perkantoran elit. Berada di kawasan SCBD juga, sob. Jadi, siapa sh yang gak pengen jalan-jalan ke kawasan ini.

Biasanya kalau ke Senayan itu banyak tempat kuliner yang enak dan yah harganya affordable deh. Saking banyaknya, kamu juga bakal bingung mau makan apa dan dimana, haha. Makanya, sekarang Ayu menyarankan kamu untuk baca artikel ini dengan baik, sob.

Senayan sebagai salah satu pusat kegiatan yang sibuk di Jakarta, termasuk kawasan perkantoran. Jadi, kalau jam makan siang pasti ramai banget deh, sob. Banyak tempat makan kaki lima yang legendaris dan punya citarasa yang khas dan unik. Yuk, kita lihat ada apa saja, sob.

1. Sate Khas Senayan #

Sate Khas Senayan


Nah, yang pertama banget nih karena memang terkenal banget. Yup, Sate Khas Senayan. Restoran sate yang sudah berdiri sejak tahun 1974 ini punya cabang di beberapa kota di Indonesia, nah pusatnya ya di Senayan. Tempat makan yang ramah anak ini punya beragam menu dari banyak daerah di Indonesia, cocok buat kamu yang lagi pengen makan makanan nusantara.

Untuk satenya sendiri merupakan sate ayam dengan potongan besar-besar dan terdiri dari daging tanpa lemak yang bikin rasanya semakin istimewa. Pokonya rasanya khas banget, deh. Lokasinya ada di Jl. Widya Chandra VIII No.33, Senayan, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan

2. Sate Taichan 87 Bang Ochit #

Sate Taichan 87 Bang Ochit


Sate yang satu ini juga sate taichan, sob. Tapi rasanya gak kalah dengan restoran sate sebelah. Tempatnya yang cukup sederhana, Sate Taichan 87 Bang Ocit ini nggak pernah sepi pengunjung. Sate taichan emang udah lama jadi makanan khas anak jaksel, nih. Potongan ayam yang diberi bumbu gurih dibuat sate kemudian dibakar hingga matang.

Makannya dengan sambel taichan yang juga gurih dan pedas mantap. Karena buka malam hari, tempat ini cocok buat makan malam sambil nongkrong. Lokasinya ada di Jl. Simprug Golf 2, Grogol Sel., Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan

3. Bakso Lapangan Tembak Senayan #

Bakso Lapangan Tembak Senayan


Siapa sih yang gak tahu bakso ini? Bagi kamu yang sering ke kawasan Senayan pasti udah gak asing dengan makanan ini yang sudah melegenda. Bakso Lapangan Tembak Senayan ini cabangnya udah ada di seluruh Indonesia sejak tahun 1972, sob.

Dahulu lokasinya ada di sebelah lapangan tembak, sekarang gerainya juga ada di dalam GBK. Pas banget nih bagi kamu yang abis olahraga pagi di GBK terus sarapan di Bakso Lapangan Tembak. Apalagi kalau disantapnya sore-sore, sob. Beuh, pasti seger banget, tuh.

Gak cuma ada bakso aja, tapi di sini juga ada nasi goreng, mie ayam, mie goreng, dan masih banyak lagi. Menu makanannya juga enak-enak dan harganya worth it, sih, sob. Kamu harus coba, deh. Lokasinya ada di Jl. Asia Afrika No. 1 Senayan Jakarta Selatan.

4. Sop Buntut Ibu Samino #

Sop Buntut Ibu Samino


Restoran sop yang satu ini bukan sembarang sop, sob. Haha. Sop Buntut Ibu Samino udah ada sejak tahun 1973 dan jadi tempat makan di Senayan favorit banyak orang. Rasa kuahnya yang berasa banget kaldu sapinya, apalagi ada sayuran dan tentu saja buntut sapi yang empuk dan enak. Kalau mau lebih sedap, tambahkan juga perasan jeruk limau dan sambal.

Selain menu sop, kamu juga bisa menikmati olahan buntut sapi lainnya seperti sop buntut bakar, sop buntut goreng, dan sop buntut sambel ijo. Lokasinya ada di Jl. Tentara Pelajar No.22, Kby. Lama, Jakarta Selatan.

5. QQ Kopi Tiam #

QQ Kopi Tiam


Kalau kamu yang mau ngopi sambil makan ada tempat namanya QQ Kopi Tiam. Di sini menyediakan menu nasi yang digoreng dengan bumbu spesial di sini bisa ditambah dengan topping daging ayam, daging kambing, atau udang sesuai selera kamu. Aroma dari racikan bumbunya istimewa hingga mengundang selera.

Harganya pun cukup ramah di kantong. Apalagi, bukanya dari sore hingga malam, sehingga pas banget buat kamu yang lagi cari makan malam. Lokasinya di Rukan Permata Senayan, Jl. Tentara Pelajar Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan

6. Restoran Beautika Manado #

Restoran Beautika Manado


Berikutnya adalah Restoran khas Manado yang juga cukup popular di Senayan, ya. Pelanggannya juga udah banyak banget. Restoran ini berdiri sejak tahun 1997 dan sampai sekarang restoran ini masih konsisten menyajikan cita rasa Manado dengan resep asli turun temurun. Konsep siap saji yang digunakan di restoran ini, membuat kamu mudah untuk memilih menu apa saja yang kamu suka.

Kamu dapay memesan beragam menu, seperti bubur manado, mi ikan cakalang, pisang goreng bumbu roa, dan rica-rica bisa ngobatin kangen kamu ke makanan khas Manado. Lokasinya ada di Jl. Hang Lekir No.1, Gunung, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan

7. Trafique Coffee #

Trafique Coffee


Masih tempat ngopi-ngopi sambil makan juga ada Trafique Coffee, sob. Meski menu utamanya adalah kopi, tapi Trafique Coffee bisa jadi tempat makan di Senayan yang cukup enak. Soalnya, mereka punya menu makan berat seperti burger, nasi kuning, dan paket ayam goreng.

Desain bangunan tempat ngopi ini terlihat kalem dengan dominan warna putih dan abu, membuat kafe ini cukup Instagramable. Karena buka dari pagi hingga malam, kamu bisa cobain makan siang atau makan malam di sini. Lokasinya ada di Jl. Hang Tuah Raya No.9,. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan

8. Empal Gentong Mang Asep #

Empal Gentong Mang Asep


Siapa di sini yang doyan empal gentong makanan khas cirebon ini, sob? Kamu bisa menemukannya di Senayan, nih. Dulu, empal gentong ini paling ramai dikunjungi waktu CFD setiap weekend di Senayan. Meski dijual dari gerobak biasa, Empal Gentong Mang Asep nggak pernah sepi pengunjung.

Empal Gentong Mang Asep rasanya pun sudah disesuaikan dengan selera dan tidak perlu diragukan lagi, sob. Menggunakan daging sapi, telur, dan daun bawang di dalam kuah santan yang harum dan gurih. Lokasinya ada di Jl. Kebayoran lama No.156 A, Pintu 1 GBK, Senayan, Jakarta Selatan

9. Soto Kudus Senayan #

Soto Kudus Senayan


Bagi kamu yang pecinta soto, belum lengkap kalau gak cobain soto ini, sob. Soto Kudus Senayan ini penggemarnya banyak, lho. Sesuai dengan namanya, soto ini berlokasi di daerah Senayan. Kuah sotonya segar dengan rasa gurih rempah asli Indonesia. Isiannya merupakan suwiran daging ayam dan sayuran yang melimpah.

Kamu bisa pesan nasi putih dicampur atau pisah dengan nasinya. Porsi soto dibikin kecil supaya kamu masih bisa menikmati makanan pelengkap lain seperti sate kerang, sate paru, dan tahu isi serta gorengan lain yang disiapkan di meja. Lokasinya ada di Jl. Tentara Pelajar, Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan

10. Warung Nagih #

Warung Nagih


Kalau pengen menu yang lebih beragam dan ada live musicnya bisa ke Warung Nagih aja, sob. Warung ini punya konsep tenda yang cocok untuk kamu hobi nongkrong. Jadi jangan heran kalau kamu menemukan tempat ini rame dengan anak-anak muda gaul Senayan.

Mau yang sederhana tapi nikmat? Coba pesen Indomie a la warung atau roti bakar dengan topping yang meriah. Sementara itu, kalau mau lebih kenyang, cobain nasi goreng atau ayam goreng yang disajikan dengan ayam. Sesekali, tempat ini mengadakan live music. Kamu bahkan bisa menyumbang lagu di sini. Lokasinya ada di Jl. Kapten Tendean No.41 2, Mampang, Jakarta Selatan.

Itu dia rekomendasi 10 tempat makan enak dan murah di Senayan, sob. Yup, meskipun nanti kalau kamu ke sini terkesan agak mahal, namanya juga kawasan Senayan. Kawasan elit dan ramai. Tapi, sebanding sih sama rasanya. Selamat mencoba, sob!

...

Ayana Media

|

May 22, 2023

10 Rekomendasi Tempat Wisata Unik Terbaru di Jakarta

Rekomendasi destinasi wisata unik terbaru 2023 di ...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Jun 24, 2023

Warga Jakarta Barat, Sini Liburan ke 5 Rekomendasi Tempat Seru dan Menarik!

Liburan seru dengan mengunjungi beberapa rekomenda...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Sep 21, 2023

Rekomendasi Itinerary Liburan 3 Hari di Jakarta Wisata Kuliner dan ke TMII

Panduan lengkap buat kamu yang mau wisata keliling...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Aug 15, 2023

Nggak Bisa Nahan Buat Traveling? Nih, 10 Tempat Wisata di Kota Tua Jakarta yang Kece Abis di 2023

Saatnya buat jelajahi wisata di area kota tua Jaka...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Jul 10, 2023

Rekomendasi Terbaru 2023 : Explore 5 Tempat Wisata Jakarta dengan Nuansa Luar Negeri

Temukan tempat wisata Jakarta dengan vibe internas...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

May 22, 2023

Rekomendasi 10 Destinasi Wisata Imperdible di Kepulauan Seribu

Rekomendasi tempat liburan di Kepulauan Seribu...

Baca Selengkapnya