Home |

9 Rekomendasi Soto Enak di Jakarta Wajib Dicoba!

Ayana Media

|

May 21, 2023

9 Rekomendasi Soto Enak di Jakarta Wajib Dicoba!

9 Rekomendasi Soto Enak di Jakarta Wajib Dicoba!

Hayo, ngaku di sini siapa yang pecinta soto? Indonesia memang kaya akan kuliner-kuliner yang jadi salah satu makanan khas Indonesia punya nih, sob. Salah satu makanan khas Indonesia yang populer adalah soto. Siapa di antara kamu yang udah cobain semua macam-macam soto, sob?

Soto merupakan makanan khas nusantara yang memiliki ciri khas seperti sop, yaitu sama-sama terbuat dari kaldu daging dan sayuran. Daging yang digunakan pada soto biasanya adalah daging sapi dan ayam, tapi biasanya juga ada yang pakai daging kambing.

Sebenarnya, soto merupakan maknaan khas yang berasal dari China. Tetapi, kini telah menjadi bagian dari makanan masyarakat Indonesia. Bumbu yang digunakan juga menyesuaikan dengan lidah orang Indonesia, maka lahirlah soto khas Semarang, Soto Kudus, Soto Bangkong, Soto Lamongan, Soto Bogor, dan masih banyak lagi.

Hampir di setiap daerah di Indonesia memiliki soto khasnya masing-masing. Sangat unik, kan? Kalau Ayu sih soto favorit adalah Soto Bogor dan Soto Lamongan. Soto Bogor punya rasa dan bahan yang berbeda di banding dengan soto lainnya. Kalau Soto Bogor menggunakan kikil dan risol, bahkan kuah serta sambalnya pun berbeda dan itulah yang menjadi ciri khas dari Soto Bogor.

Sementara Soto Lamongan punya kuah yang gurih dengan tambahan koya, jadi benar-benar berasa kaldunya. Selain Soto Lamongan ada Soto Surabaya yang punya rasa mirip. Ya, mungkin sama-sama berasal dari Jawa Timur, jadi gak beda jauh. Sama-sama menggunakan koya. Itulah ciri khas soto daerah timur sana, sob.

Kalau di Jakarta sih soto yang terkenal pastinya adalah Soto Betawi. Soto Betawi juga enak banget, sob. Kamu bisa cobain Soto Betawi dengan kuah santan atau bening. Jadi, bagi kamu yang tidak mengonsumsi santan masih bisa cobain Soto Betawi bening. Nah, sekarang Ayu punya 9 Rekomendasi tempat soto enak di Jakarta yang wajib kamu coba, sob! Yuk, kita simak penjelasan Ayu di bawah!

1. Soto Kudus Blok M #

Soto Kudus


Siapa yang suka jalan-jalan ke Blok M, sob? Nah, kalau kamu ke Blok M jangan sampai melewatkan tempat makan soto enak yang wajib kamu coba. Yup, Soto Kudus. Soto Kudus juga unik dan punya cita rasa khas yang gurih dan bikin ketagihan, sob. Kamu bisa mencoba kuahnya yang bening dan sedikit kecoklatan.

Penyajiannya pun menggunakan mangkuk jadul kecil. Kamu juga dapat menyicip suwiran ayamnya dengan bawang putih goreng di atas soto tersebut. Untuk cara makan soto ini kamu bisa mencampurnya dengan nasi. Jadi, kamu bisa merasakan keseluruhan gurih dan nikmatnya soto bersama nasi. Bebas sih mau dicampur apa enggak itu sesuai selera kamu aja ya, sob.

Kalau Ayu sih biasanya dicampur biar lebih mantap, haha. Oh, iya di tempat makan soto biasanya ada tambahan camilan untuk menemani makan soto. Mulai dari sate-satean, gorengan, dan masih banyak lagi. Kamu bisa cobain deh satu-satu, haha.

Alamatnya ada di Jalan Wijaya I No.44, RT.4/RW.5, Petogogan, Kebayoran Baru. Buka setiap hari mulai pulul 07.30 – 22.00 WIB

2. Soto Tangkar Bang Samsudin #

Soto Tangkar


Nah, kamu udah pernah dengar belum Soto Tangkar. Soto Tangkar merupakan makanan khas Betawi, lho. Meskipun makanan khas Betawi, tapi saat ini sudah mulai sulit ditemukan. Pantas saja setiap Ayu mau makan Soto Tangkar udah susah banget dicari, ada sih cuma jauh, hehe.

Soto Tangkar ini terbuat dari kuah santan yang berwarna kekuningan, jadi beda ya dengan soto betawi biasanya, sob. Kamu bisa menikmati soto dengan menggunakan daging tulang iga dan sekarang bisa dengan daging serta jeroannya. Kalau kamu penasaran bisa langsung datang aja ke Soto Tangkar Bang Samsudin yang ada di kawasan Menteng.

Tapi, kalau kamu gak bisa makan soto dengan kuah santan atau yang terlalu berminyak ini mungkin tidak bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu ya, sob. Kalau memang favorit kamu, bisa langsung aja datang ke Jl. H. Agus Salim No.41, RT.1/RW.1, Kb. Sirih, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Buka mulai pukul 08.00 sampai 19.00 WIB.

3. Warung Coto Makassar Senen #

Coto Makassar


Yup, dari namanya saja kalau soto ini merupakan makanan khas Makassar. Tapi, penyebutannya adalah coto ya bukan soto, apalagi coto makacar, haha. Kalau coto makassar ini pakai kacang, sob. Kuahnya jadi lebih kental karena adanya kacang tersebut dan warnanya keruh kehitaman kayak rawon.

Kalau kamu di Jakarta akan menemukan banyak warung Coto Makassar yang beraneka ragam. Tapi, Ayu menyarankan kamu cobain Coto Makassar Senen ya. Di sni racikan sotinya enak banget dan dibuat istimewa. Dimana terdapat daging sapi dan jeroan yang bikin makin enak rasanya ditambah sambek tauco. Beuh, mantap banget, sob.

Rasa Coto Makassar diakui lebih segar di banding dengan soto-soto lainnya. Langsung saja kamu datang ke Jl. Kramat Raya, Senen, Jakarta. Buka mulai pukul 13.00 sampai 20.00 WIB.

4. Soto Ambengan Kelapa Gading #

Soto Ambengan


Soto ambengan merupakan makanan khas Surabaya, sob. Jadi, bagi pecinta soto Surabaya jangan sampai terlewat untuk mencoba makanan ini. Soto Ambengan terkenal dengan koyanya yang gurih dan super duper yummy banget, sob. Porsinya juga gak pelit. Kuahnya dan sayurnya melimpah. Bikin kenyang banget deh untuk makan satu porsi Soto Ambengan Kelapa Gading.

Untuk koyanya juga kamu bisa ambil sepuasnya di sini. Untuk pilihan dagingnya Cuma ada ayam saja. Biasanya kamu bisa menambah dengan kulit, telur muda, atau hati ampela sebagai peneman makan soto kamu, sob. Dijamin segar dan lezat banget. Bikin ketagihan deh, sob.

Langsung saja berkunjung ke Jl. Boulevard Raya Klp. Gading Blok TT2 No.6, RT.10/RW.15, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Buka setiap hari mulai puku; 07.00 sampai 02.00 WIB ya, sob. Jangan sampai kehabisan!

5. Soto Sokaraja Eling-Eling #

Soto Sokaraja


Kalau soto yang ini berasal dari Kota Banyumas, sob. Soto ini juga gak kalah enak. Kamu dapat menemukannya di kawasan Tebet. Rasanya ini, lho. Benar-benar gak bisa bikin lupa, deh. Tanpa harus ke Banyumasnya langsung, tinggal datang le Jl. Tebet Utara 1 No. 48C, Tebet Timur, Tebet. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 17.00 WIB.

Soto Sokaraja Eling-Eling ini beda dengan varian soto lainnya, sob. Penyebutan soto biasanya sroto kalau di Banyumas. Sotonya menggunakan kacang tanah yang tumbuh di dalam kuahnya. Makanya sotonya berkuah bening dan sedikit keruh, karena ada cita rasa kacang yang gurih dan juga tentunya segar, sob.

Untuk dagingnya, kamu bisa pilih menu daging ayam atau sapi. Bahkan, bisa dicampur dua-duanya, sob. Selain itu, seperti biasa kalau soto harus ada penemannya, yakni gorengan tempe mendoan bikin makan soto kamu jadi enak, sob.

6. Soto Haji Mamat #

Soto Haji Mamat


Soto yang satu ini udah terkenal banget, sob. Salah satu Soto Betawi yang penggemarnya banyak, karena rasanya yang unik dan enak banget. Wajib dicoba deh kalau kalian lagi berada di kawasan Kelapa Gading.

Soto Betawi Haji Mamat ini punya kuah santan yang khas dan porsinya gak pelit! Kamu dapat menikmati potongan daging sapi yang banyak dan ngenyangin banget. Selain soto, kamu juga bisa cobain menu Oseng Daging yang wajib dicoba deh buruan, haha.

Oseng daging ini mirip kok sama soto, bedanya daging ayam atau sapinya dipisah. Jadi, kamu bisa merasakan sensasi makan daging ayam dan sapi dengan cara yang berbeda. Kalau tertarik dan menggugah selera, kamu bisa langsung aja datang ke Jl. Boulevard Raya, Blok FV1 No. 2, Kelapa Gading, Jakarta. Buka setiap hari mulai pukul 10.30 sampai dengan 20.00 WIB ya, sob.

7. Soto Padang Bunda #

Soto Padang Bunda


Berikutnya adalah soto padang. Beuh, siapa sih yang gak tahu soto padang? Soto padang merupakan makanan khas Padang dong tentu saja. Di Jakarta banyak banget yang jual soto padang. Tapi, ya susah cari yang benar-benar otentik rasanya. Salah satu soto padang yang terkenal adalah Soto Padang Bunda yang berada di kawasan Bendungan Hilir.

Bendungan Hilir ini memang sarangnya kuliner yang enak-enak, sob. Kamu bisa mencicipi menu padang yang enak-enak dan khas di kawasan ini. Banyak banget makanan khas Padang yang otentik wajib kamu coba. Apalagi daging sapi di soto ini gurih dan kriuk banget, ditambah soun serta perkedel.

Beuh, pokonya mantap banget sob. Rempah-rempahnya khas padang banget. Kalau kamu makin tergiur dan tergoda bisa langsung datang saja ke Jl. Bendungan Hilir Raya No. 19A, Bendungan Hilir, Jakarta. Buka setiap hari mulai pukul 09.00 sampai 21.00 WIB.

8. Soto Mie Theresia #

Soto Mie Theresia



Nah, ini nih favorit Ayu. Soto Mie Bogor, sob. Siapa sih yang gak kangen sama Soto Bogor? Memang ngangenin banget soto ini. Soto ini punya cita rasa yang khas dan ditambah gorengan risolnya yang dicampur bersama soto. Kalau soto yang ini lebih enak gak pakai nasi, sob, haha. Betul, lebih enak digado original soto aja. Kalau soto yang lain kan lebih enak pakai nasi yah, kalau ini beda, sob.

Kalau kamu suka pedas, bisa kok ditambah sambal yang khas dari Soto Bogor biar makin pedas dan nikmat. Soto Bogor memang rasanya lebih pedas, ya sesuai lah dengan lidah orang Sunda yang suka makanan pedas, sob.

Bagi kamu yang kangen sama Soto Bogor di Jakarta, jangan khawatir. Ayu punya tempat rekomen Soto Bogor yang nikmat banget. Yup, Soto Mie Theresia yang terkenal banget lokasinya ada di dekat Gereja Theresia. Makanya namanya Soto Mie Theresia, haha. Langsung aja kalau kamu penasaran datang ke Jl . Gereja Theresia No.43, RT.7/RW.4, Gondangdia, Menteng, Jakarta. Buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 20.00 WIB.

9. Asli Soto Medan 1930 Pak Syamsudin #

Asli Soto Medan


Kalau Soto Medan sih Ayu belum pernah coba ya. Tapi, sepertinya enak banget. Apalagi kuah sotonya yang kental menggunakan santan dan punya rasa yang otentik banget. Kalau kamu udah ngiler banget bisa langusng datang aja ke Jl. Muara Karang Raya No. 17, Muara Karang, Jakarta.

Asli Soto Medan 1930 Pak Syamsudin buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 17.00. Jadi, jangan sampai kelewatan ya, sob. Kamu harus cobain soto yang mirip dengan Soto Betawi ini. Cuma kalau yang Medan ini ada rasa kari yang lebih mencolok. Biar makin mantap makannya pakai perkedel kentang, sob.

Itu dia 9 rekomendasi soto enak di Jakarta yang wajib kamu coba. Bagi pecinta soto pastinya wajib banget dong datang ke sana. Secara tempat makan soto tersebut memang terkenal enak dan direkomendasikan banyak orang. Harganya juga masih bersahabat, sob. Kamu bisa siapkan uang 30 ribuan saja per porsinya udah bisa makan soto enak dan kenyang. Selamat mencoba!

...

Ayana Media

|

Nov 24, 2023

Playground Terbaru di Jakarta 2023: SuperPark dan Pororo Park, Rekomendasi Taman Bermain Untuk Anak!

Ajak anak-anak dan teman-teman kamu buat mengunjun...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Sep 21, 2023

Rekomendasi Itinerary Liburan 3 Hari di Jakarta Wisata Kuliner dan ke TMII

Panduan lengkap buat kamu yang mau wisata keliling...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Nov 23, 2023

Destinasi Wisata Akhir Tahun 2023: 4 Rekomendasi Galeri Seni di Jakarta Terbaik yang Bisa Kamu Kunjungi!

Bingung akhir tahun kemana? Kamu bisa mengunjungi ...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Jul 19, 2023

Keliling Jakarta Naik MRT, 5 Rekomendasi Tempat Wisata Dekat MRT!

Banyak tempat wisata di Jakarta dengan akses mudah...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Sep 06, 2023

10 Rekomendasi Villa Terbaik di Jakarta : Liburan Mewah Ada Private Pool Juga

Liburan mewah dan keren di rekomendasi villa di Ja...

Baca Selengkapnya
...

Ayana Media

|

Jun 26, 2023

Liburan Tak Terlupakan di Jepang dan Korea 2023 : Rekomendasi 6 Tour Agent Terpercaya

Tour Agency Wisata Ke Jepang dan Korea 2023...

Baca Selengkapnya